Pasuruan, Tribunus-antara.com - Apel Gelar Pasukan dengan sandi “OPERASI RAMADNIYA SEMERU 2016“  di halaman Mapolres Pasuruan, Kamis (30/06/2016) Jam 08.00 WIB, dipimpin Kapolres Pasuruan AKBP MUHAMMAD ALDIAN, S.I.K., M.H Komandan Upacara AKP EKA PURNAMA, SH diikuti oleh  seluruh  FORPINDA, Para Kabag, Para Kasat, Kapolsek jajaran, dan Perwira Staf Polres Pasuruan.

Sebagai Pasukan dalam Gelar Apel tersebut antara lain 1 (satu) pleton Subdenpom V/ Brawijaya, 1 (satu) pleton anggota TNI (Kodim 0819 Pasuruan), 1(satu) pleton anggota TNI Yonkav 8 Kontrad, 1 (satu) pleton anggota Lantas, 1 (satu) pleton anggota Sabhara, 1 (satu) pleton anggota Sabhara gabungan Polsek Jajaran, 1 (satu) pleton anggota gabungan Reskrin dan Intelkam, 1 (satu) pleton anggota Sat Pol PP Kab. Pasuruan, 1 (satu) peleton anggota Dishub Kab. Pasuruan, 1 (satu) pleton anggota Senkom Kab. Pasuruan, dan 1 (satu) pleton anggota Linmas Kab. Pasuruan, adapun jumlah seluruh anggota yang terlibat dalam Operasi Ketupat 2015  berjumlah 350 personil  yang dibagi menjadi 4 Sat Gas (Satgas Turbinjali, Satgas Kamseltibcar Lantas, Satgas Lidik dan Sidik, dan Satgas Ban Ops), 4 Pos Pam (Pos Pam Bangil, Pos Pam Gempol, Pos Pam Pandaan dan Pos Pam Purwosari), dan 6 Pos Pantau (Pos Pantau PIER Bangil, Pos Pantau Arteri Gempol, Pos Pantau Pos Lantas Pandaan, Pos Pantau Taman Safari Pandaan, Pos Pantau Simpang 4 Purwosari, dan Pos Pantau Kebun Raya Purwodadi) serta 1 (satu) Pos Pelayanan Masjid Chengho Pandaan.

Dalam pelaksanaan Apel Gelar Pasukan, Pimpinan Apel didampingi Komandan Apel melakukan pemeriksaan dan pengecekan Pasukan, selanjutnya dilakukan penyematan Pita tanda Operasi Ramadniya Semeru 2016 kepada perwakilan yang telah ditunjuk (Polri, TNI, dan Satpol PP) sebagai tanda dimulainya Operasi Ramadniya Semeru 2016, dan kemudian Pimpinan Apel  membacakan Amanat  Kapolri yang intinya yaitu

Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Polda dan Polres ini bertujuan untuk mengecek kesiapan akhir personel beserta kelengkapannya, baik dari Polri maupun unsur terkait serta segenap potensi masyarakat yang terlibat dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1437 H, dan Sandi yang selama ini kita kenal “KETUPAT” pada tahun 2016 berubah menjadi “RAMADNIYA” yang merupakan singkatan dari Ramadhan dan Hari Raya, yang mengandung arti Harfiah Suci, Adil dan Sempurna, yang selanjutnya Operasi ini akan dilaksanakan selama 16 hari mulai tanggal 30 Juni 2016 s/d 15 Juli 2016, diharapkan melalui kegiatan ini dapat menciptakan situasi Kamtibmas maupun Kamseltibcar Lantas, dan Kondusif di wilayah hukum Polres Pasuruan, sehingga Masyarakat dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan Aman, Nyaman, Tertib, dan penuh Khidmad.
·    
Operasi digelar untuk  menyikapi kondisi dan dalam rangka menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat merayakan Lebaran 2016, Polri berupaya mempersiapkan Operasi Kepolisian “RAMADNIYA 2016” secara Optimal yang difokuskan pada pengamanan segala bentuk aktifitas Masyarakat serta Arus Lalu Lintas perjalanan mudik maupun kembalinya dengan mengedepankan kegiatan Preemtif, Preventif, dan penegakan hukum secara professional. (Dulah)
·