Keerom,Tribunus-Antara.com- Satgas Yonif Mekanis 516/CY turut meriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 Gerakan Pramuka, dengan  menggelar latihan kepramukaan Saka Wira Kartika siswsa-siswi SMPN Mannen.  Kegiatan berlangsung di halaman SMPN Mannen Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Papua. Minggu (14/08).

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonmek 516/CY Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si membeberkan, “untuk menjaga tetap tegaknya NKRI diperlukan jiwa patriotisme dan nasionalisme, khususnya dari generasi muda. Berbagai upaya dilakukan untuk menumbuhkan dan menanamkannya, salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan-pelatihan bela negara di sekolah-sekolah bagi pelajar, diantaranya melalui pelajaran ekstrakulikuler Gerakan Pramuka,” ujarnya.

Lebih lanjut Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si menyampaikan “kegiatan ini diselenggarakan serentak oleh seluruh jajaran Satgas Yonif Mekanis 516/CY sebagai wujud kepedulian kami dalam rangka membangun generasi muda yang memiliki karakter, membangun watak yang kuat dan memiliki kepribadian yang tangguh sehingga sanggup menatap masa depan yang baik, sebagaimana diamanahkan oleh UU No. 12/2010 bahwa Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila serta melestarikan lingkungan hidup,” jelasnya.
         
Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini diantaranya pengetahuan kepramukaan dan wawasan kebangsaan, meliputi pengetahuan baris-berbaris, cara membuat tenda dari ponco, pengetahuan kesehatan, pengetahuan peta dan GPS serta berbagai permainan yang menuntut kerjasama tim dalam menyelesaikannya.

Keceriaan dan kegembiraan serta semangat  dalam mengikuti setiap kegiatan yang diberikan oleh Prajurit Satgas Yonif Mekanis 516/CY terpancar dari wajah-wajah peserta pramuka. Aneeta salah satu peserta putri merasa sangat senang mengikuti kegiatan ini, karena mendapatkan pengetahuan baru yang diberikan oleh Kakak-kakak Satgas Yonif Mekanis 516/CY yang selama ini belum pernah mereka dapatkan dan kami bisa bergembira dan bermain bersama dengan peserta lain.
“Dengan memberikan pelatihan dan pembinaan bagi siswa-siswi anggota Gerakan Pramuka di sekolah tersebut. Para siswa selain mendapatkan pengetahuan materi yang berhubungan dengan kepanduan, mereka juga dilatih menjadi seorang pemimpin, mulai dari menyiapkan pasukannya, memberikan penghormatan dan laporan serta memberikan instruksi kepada anggotanya,” pungkasnya.

Hal ini mendapat sambutan positif dari Bapak Suyitno Ama.Pd selaku pembina pramuka di Distrik Mannem.
"Terima kasih kepada Satgas yang peduli untuk melatih dan membina anak didik kami, tujuannya tidak lain, yaitu untuk mempersiapkan mental mereka agar lebih kuat menyongsong masa depannya," ujarnya
Bapak Suyitno Ama.Pd  berharapan, semoga pengetahuan yang diberikan dalam kegiatan semacam ini tidak hanya dalam rangka HUT Gerakan Pramuka saja, tetapi juga dapat dapat disampaikan pada waktu ekstra kurikuler di sekolah.
Kegiatan ini diakhiri dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan photo bersama Dansatgas Yonif Melanis 516/CY Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si dengan seluruh peserta pramuka.