Pasuruan, Tribunus-Antara.com   - Kontes ini digelar selama tiga hari dari 29 - 31 Agustus 2016 di lapangan Kelurahan Martopuro, Purwosari. Sekitar 100 sapi baik sapi perah maupun sapi potong dan sekitar 90 ekor kambing dilombakan. Peserta kontes dan expo ini mulai dari peternak atau kelompok peternak, dinas-dinas, swasta, perusahaan sarana produksi peternakan, industri pengolahan dari rumah tangga hingga perguruan tinggi.

Ratusan ternak yang ikut kontes ditempatkan dan dijaga beberapa orang pemiliknya. Hewan ternak bergiliran masuk kandang penilaian sesuai kategorinya untuk dinilai.

Kontes ternak ini terbagi dalam dua kategori. Pertama kategori sapi potong, sapi perah dan kambinng.Selain kontes akan ada pameran agribisnis peternakan, lomba produk peternakan.

Keluar sebagai  pemenang juara 1 dengan berat 958 kilo gram mili Misdi dari kecamatan Kraton, juara 2 dengan berat badan sapi 878 kilo gram  milik Andri Wahyudi dari kecamatan Pandaan  yang juga anggota dewan dari PDI-P,  juara 3 berat badan 801 kilo gram milik Arianto dari kecamatan Beji. Masing-masing juara mendapatkan hadiah tropi beserta uang yang diserahkan langsung oleh bupati Pasuruan Irsyad Yusuf dan Kapolres Pasuruan beserta Wabup dan Kepala Dinas Peternakan kegiatan.  (sudarmaji)