Pasuruan, Tribunus-Antara.com - Peringatan Hari Ulang Tahun kemerdekaan republik Indonesia yang ke 71 semerak dilaksanakan di berbagai tempat di wilayah Indonesia. Tak terkecuali di desa Lebak kecamatan winongan kabupaten Pasuruan. Bertempat di balai desa Lebak kegiatan Lomba Jalan Santai diikuti oleh seluruh warga ddesa Lebk mengambil rute sejauh 4 km. Start diawali di Balai desa lebak dan dibuka oleh kepala desa Lebak Komarul Huda, Minggu 14 Agustus 2016.

Antusiasme warga Lebak mengikuti acara begitu besar, hal ini bisa dilihat pada peserta mulai dari orang tua, remaja dan anak-anak tak ketinggalan mengikuti acara Jalan Santai hingga selesei. Di sepanjang jalan desa Lebak para peserta berjalan dengan tertib penuh canda dan tawa diantara peserta.

"Yang penting ikut meramaikan acara, pak," tutur Salamah warga desa setempat kepada tribunus-antara.com, sesaat sebelum memasuki finish yang juga berada di Balai desa Lebak. Menang itu nomor dua, syukur-syukur bisa menang," lanjut Salamah sembari tertawatanpa menunjukkan rasa capek walaupun keringatnya mengucur di sekitar kening sambil menggandeng anaknnya berusia sekitar 8 tahun itu.

Setelah semua peserta memasuki garis finish, pengundian pemenang pun segera dimulai. Perasaan penasaran dan menunggu penuh harap warga desa Lebak siapa pemenang lomba Jalan Santai pagi itu tengah berlangsung. dan pemenang yang berhasil merebut sepeda mini adalah seorang gadis kecil, Sorak-sorai warga desa lebak mengiringi naiknya pemenang menuju ke arah panggung luntuk membawa pulang sepeda mini tersebut.

Kepala Desa Lebak Komarul Huda mengaku bangga dengan antusisme warga Lebak mengikuti acara Jalan santai tersebut. Menurut Kades saat diwawancarai wartawan mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan Lomba Jalan santai selain memperinngati HUT RI Ke 71 adalah sebagai ajang untuk bersilahturahmi, menumbuhkan rasa solidaritas dan kerukunan antar warganya. Juga menumbuhkan sportifitas diantara warga desa, karena walaupun kalah merek semua nampak bahagia penuh tawa dan canda. (jok/nur)