Pasuruan, Trinunusantara.com - Dengan semarak kebersamaan warga Rombo Wetan Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan , mengadakan selamatan deso (Tegal Deso) memeriahkan dengan karnafal berjalan kurang lebih 1 kilo perjalanan dari tempat rumah Kepala Desa sampai dengan Balai Desa .
Mereka berjalan sambil menghias rupa dan pakaian ala kerajaan , yang bermacam - macam bentuk dan pakaian yang berwarna warni . Ada yang terbuat dari kertas koran yang di lipat - lipat untuk kostum kerajaan , dan juga dari keresek (plastik) yang dipakainya .

Mereka berjalan pelan - pelan , para pemuda putra dan putri warga Rombo Wetan .bahkan "jalan raya sempat macet dengan antusiasnya warga yang menonton acara tersebut.

Tegal deso di Rombo Wetan Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan ini di adakan setiap tahun sekali untuk para leluhur , yang di sebut Bolo Pendem .

Desa Rombo Wetan yang terdiri dari 7 dusun telah merayakannya , mereka membawa nasi tumpeng yang bermacam - macam bentuk dan isinya karena sudah tradisi jaman nenek moyang kita .

Kepala desa Rombo Wetan Edi S. (Mardiana) saat di temui wartawan mengatakan , Tegal deso ini saya laksanakan dua hari tgl (1-9-2016) kamis, ada acara tasyakuran desa dari pagi hingga sore , dan ada tadarus alqur'an .
Hari kedua juma'at (2-9-2016) siang ,ada karnafal warga yang terdiri dari 7 dusun yang meramaikannya dan di haruskan untuk membawa tumpeng di tiap Rt dan Rw masing - masing 1 tumpeng .

Dan malam harinya acara pokok yaitu pagelaran ludruk dari Kota Mojokerto sampai dengan selesai . (Abdullah)