Surabaya, Tribunus-antara.com - Kodim 0830/Surabaya Utara melalui Koramil 0830/02 Semampir menggelar sosialisai bela negara di SMAN 11 Surabaya dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Jum’at (30/6/2016). Sosialisasi ini dihadiri oleh 400 siswa dan guru pembina di sekolah tersebut.

Komandan Rayon Militer (Danramil) 0830/02 Semampir Mayor Inf Imam Suyoso mengatakan, selain memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni, sosialisasi bela negara ini juga untuk mengingatkan dan menanamkan nilai-nilai pancasila sehingga bisa dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini sangat penting bagi generasi muda kita, khususnya di kalangan pelajar supaya mereka senantiasa menamakan nilai-nilai Pancasila sebagai lambang dasar negara kita. Kelak ketika menjadi pemimpin, mereka akan menjadi pemimpin yang bermoral, berakhlak dan menjujung tinggi nilai profesionalisme dalam menjalankan tugas,” kata Mayor Inf Imam Suyoso.

Menurut Mayor Inf Imam Suyoso, dirinya memilih sosialisasi di kalangan pelajar karena di era globalisasi dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat seperti saat ini, sebagian besar generasi muda sudah melupakan unsur dari nilai Pancasila.
“Untuk itu di hari Pancasila ini kita memberikan masukan-masukan yang bernilai positif demi kamajuan anak bangsa,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 11 Surabaya Dra. Hj. Marlina Kusmawati, M.M. sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan sosialisasi tersebut.

“Saya sangat mendukung program ini, karena sekarang banyak anak-anak kita khususnya di kalangan pelajar sudah tidak memahami isi dan manfaat dari nilai-nilai Pancasila, sehingga terjadi tawuran, narkoba dan seks bebas. Dengan adanya kegiatan seperti ini akan memotivasi mereka agar jauh dari pengaruh hal-hal negatif,” ungkap Dra. Hj. Marlina Kusmawati, M.M.

Pihaknya berharap TNI, Polri dan juga pemerintah daerah setempat untuk untuk terus memberikan program bernilai pisitif kepada para siswa demi masa depan anak-anak bangsa, bukan hanya di hari-hari tertentu saja.