Keerom, Tribunus-Antara.com -
Berbagai upaya dilakukan untuk menumbuhkan dan menanamkan generasi muda untuk menjaga tetap tegaknya NKRI diperlukan kedisiplinan, jiwa patriotisme dan nasionalisme,   Salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan-pelatihan bela negara di sekolah-sekolah bagi pelajar, diantaranya melalui pelajaran ekstrakulikuler Gerakan Pramuka.

Seperti yang dilakukan, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Papua Nugini Yonif Mekanis 516/CY menggelar kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) dengan mengangkat tema “Disiplin Awal Dari Kesuksesan” bertempat di Lapangan Swakarsa Distrik Arso Kabupaten Keerom, Jayapura, Minggu (25/9)

Dengan memberikan pelatihan dan pembinaan bagi siswa-siswi anggota Gerakan Pramuka SMKN 1 Arso  dan menyambut Raimuna Jambore se Kota Jayapura tahun 2016.  Para siswa selain mendapatkan pengetahuan materi yang berhubungan dengan kepanduan, kedisiplinan, mereka juga dilatih menjadi seorang pemimpin, mulai dari menyiapkan pasukannya, memberikan penghormatan dan laporan serta memberikan instruksi kepada anggotanya.

Hal ini mendapat sambutan positif dari Bapak Alfon, S.Pd yang juga Pembina Pramuka SMKN 1 Arso  bertindak selaku pembina upacara pada pembukaan Persami SMKN 1 Arso.

"Terima kasih kepada Satgas yang peduli untuk melatih dan membina anak didik kami, tujuannya tidak lain, yaitu untuk mempersiapkan mental dan kedisiplinan mereka agar lebih kuat menyongsong masa depannya," ujarnya

Bapak Alfon, S.Pd juga mengajak seluruh peserta Persami untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sebaik-baiknya dengan mematuhi dan mentaati seluruh aturan-aturan yang berlaku selama kegiatan Persami berlangsung.

Semantara menurut Dansatgas Yonif Mekanis 516/CY Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si menegaskan, bahwa “Gerakan Pramuka mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembinaan generasi muda untuk menjadi kader penerus cita-cita yang berjiwa Pancasila serta untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kegiatan Perkemahan Saka Wira Kartika ini juga untuk mendorong pembangunan masyarakat khususnya generasi muda yang berkualitas dan memiliki ketahanan yang tangguh dalam menghadapi permasalahan/persoalan bangsa,” tegasnya

Lanjutnya, pembekalan wawasan dan kedisiplinan melalui Persami dengan metoda permainan yang diarahkan kepada terbentuknya pribadi yang kuat dan percaya diri dan kekompakan, dan sebagai  bekal dikehidupan lingkungannya. Namun, faktor keamanan yang diutamakan, terang Letkol Inf Lukman Hakim.

“Saya bangga terhadap adik-adik Pramuka dalam menerima materi, semangat, dilakukan dengan riang gembira”, ujarnya.
           
Kegiatan ini diakhiri dengan acara api unggun yang diikuti oleh Pembina Pramuka SMKN 1 Arso, Satgas Yonif Mekanis 516/CY dan seluruh peserta Persami. (pen)



Hak Jawab / Hak Koreksi:
call / SMS / WhatsApps:
082233590005 / 081357848782
Email: tribunusantara@gmail.com

PASURUAN

[Pasuruan][fbig1][#e74c3c]

Nasional

[Nasional][fbig1][#e74c3c]
Diberdayakan oleh Blogger.