Bangkalan, Tribunusantara.com  - Babinsa Koramil 0829-04/Burneh Serda Solikan membantu petani menanam padi di kelompok tani " Ibu Naroah ", Desa Sobih, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Jum’at (21/10/2016)

Babinsa Desa Sobih Serda Solikan saat mendampingi petani mengatakan pihaknya membantu petani tanam padi guna percepatan dan pengolahan lahan untuk disiapkan penanaman padi, sehingga sawah dibajak dan dilakukan penyiapan bibit padi.

"Kelompok tani Ibu Naroah mulai membajak sawah dan lahan mereka didukung pengairan yang lancar sepanjang tahun, sehingga sawah ditanami padi," katanya.

Petugas penyuluh lapangan Didik mengatakan rata-rata di Kecamatan Burneh sepanjang tahun petaninya menanami sawahnya dengan tanaman padi karena keuntungannya relatif lebih besar dibanding dengan komoditas lainnya.

"Kami sudah berkali-kali mengimbau kepada petani untuk diselingi dengan tanaman palawija agar unsur hara tanahnya terpelihara karena kalau terus-terusan tanam padi maka kesuburan tanah akan berkurang," tuturnya.

Dengan demikian, lanjut dia, hampir sepanjang hari ada yang panen di Kecamatan Mayang, namun ada pula yang tanam karena hal tersebut sudah berjalan selama bertahun-tahun dan sudah membudaya sehingga sulit untuk diubah.

"Selama ini produksinya relatif cukup baik dan relatif tidak ada hama yang menyerang," katanya.

Komandan Kodim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto, SH., menyampaikan terima kasihnya kepada unsur terkait dan para Babinsa yang aktif turun kesawah untuk melaksanakan pendampingan kepada petani.

"Kami sudah atensikan kepada jajaran untuk lebih fokus lagi guna pencapaian target serapan gabah produksi tahun 2016 ini," katanya.

Untuk menggenjot produktifitas panen, lanjut dia, pihaknya sudah mengintruksikan agar diupayakan percepatan masa persiapan tanam dengan mendukung prasarana mesin pertanian dan perluasan lahan, sehingga target produksi tersebut mampu dicapai dalam rangka menunjang program ketahanan pangan nasional