Bangkalan, tribunus-anatara.com - Komandan Kodim (Dandim) 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto mendampingi Wakil Bupati Bangkalan Ir.KH.Mondir Rofii pada Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak Gelombang II Tahun 2016 bertempat di Alun-Alun Selatan Jln.Veteran Bangkalan, Madura Jawa Timut. Selasa (25/10).

Wakil Bupati Bangkalan Ir.KH.Mondir Rofii  dalam sambutannyan, mengucapkan terimakasi  dan rasa syukur kepada Allah SWT karena lancar dan terlaksannya  Apel gelar pasukan ini yang melibatkan Pasukan TNI Polri. Dalam Pelaksanaan Pilkades Serentak agar selalu dikoordinasikan dengan TNI Polri dalam menjaga dan mkensukseskan serta Kamtibnas selama pelaksanaan Pilkades serentak ini. Selamat Bertugas semoga sukses dan kondusif,” tandasnya.

Sementara Komandan Kodim (Dandim) 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto menyatakan kesiapannya untuk membantu Polres Bangkalan mengamankan pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak gelombang II yang akan berlangsung pada 27 Oktober 2016 mendatang.

Hal tersebut dikatakan oleh Komandan Distrik Militer (Dandim), Letkol Inf Sunardi Istanto, SH., di sela mendampingi Wakil Bupati Bangkalan Ir.KH.Mondir Rofii pada Upacara Gelar Pasukan dalam rangka Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak Gelombang II.

Menurut Letkol Inf Sunardi Istanto, SH, ada beberapa wilayah yang tersebar di Kabupaten Bangkalan yang akan menjadi peserta Pilkades Serentak. Untuk itu, pihaknya menghimbau seluruh anggota Kodim 0829/Bangkalan, mulai dari Babinsa hingga jajaran Koramil untuk selalu siap jika dibutuhkan oleh Polri.

“TNI mendukung Polri sebagai ujung tombak dalam mengamankan Pilkades Gelombang II Tahun 2016 sehingga kita harus saling bahu membahu demi terciptanya Pilkades yang berjalan dengan sukses, lancar dan aman untuk memilih pemimpin terbaik di wilayah teritorial,” jelasnya.

Letkol Inf Sunardi Istanto, SH menuturkan, dukungan TNI dalam mengamankan Pilkades ini merupakan hal biasa dan sudah terbangun dengan baik. Pasalnya, TNI selalu terlibat dalam mengamankan pesta demokrasi baik legislatif maupun Presiden.

Meski demikian, pihaknya menegaskan seluruh jajaran TNI untuk tetap bersikap netral prajurit dalam pelaksanaan Pilkades serentak gelombang II ini. “Bagi anggota keluarga TNI yang mempunyai hak pilih, tentunya harus menggunakan hak pilih tersebut untuk memilih calon terbaik agar bisa memajukan daerahnya masing- masing,” tegas Dandim.

Selain dari personel Kodim 0829/Bangkalan, pasukan yang dilibatkan dalam pengamanan Pilkades serentak gelombang II di bangkalan ini dengan jumlah  5.500 orang yang terdiri dari pasukan TNI gabungan 1.200 personel, Polri 4.300 personel Brimob, Polres se-Polda Jatim.