Bangkalan, tribunus-antara.com - Bencana tanah longsor kembali menerjang Kabupaten Bangkalan. Sejak 02.00WIB, dilaporkan telah terjadi tanah lonsor yang cukup parah, hingga saat ini yang berakibat akses jalan desa tertutup dan bangunan SDN 2 Lerpak Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan, rusak berat tertimbun tanah setelah diterjang tanah longsor.

Prajurit Kodim 0829/Bangkalan dan warga hingga saat ini dikerahkan membantu evakuasi pembersihan bekas tanah longsor tersebut.

Hujan deras dikawasan tersebut mengakibatkan tanah tebing disekitar lokasi, ambrol. Sejumlah petugas siaga bencana, kini berada di lokasi kejadian guna proses evakuasi dan pembersihan material longsoran.

Dandim 0829/Bangkalan, Letkol Inf Sunardi Istanto, SH., Jum’at (14/10/2016) siang menjelaskan, ada 2 titik longsor yang terpantau di wilayah Geger Bangkalan. Satu lokasi berada di Dusun Ngasara Desa Lerpak Kecamatan Geger.  Gedung SDN 2 Lerpak Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan jebol terkena longsoran.

"Bangunan SDN 2 Lerpak, jebol terkena longsoran. Ada 3 tembok ruang kelas yang jebol kena tanah longsor, kelas : 1,2 dan 3," ungkapnya

Selain itu, akibat guyuran hujan lebat beberapa hari ini banyak pohon yang tumbang di pinggiran jalan desa dan putusnya jalan.

"Kondisi cuaca yang mengakibatkan terputusnya jalan desa dan terputunys komunikasi dengan warga setempat.  Guyuran hujan yang begitu lebat juga menghambat proses pembersihan bekas longsoran yang dilakukan oleh prajurit Kodim 0829/Bangkalan dan masyarakat setempat," ujar Dandim 0829/Bangkalan, Letkol Inf Sunardi Istanto, SH., Jum’at (14/10/2016)

Ia mengatakan koordinasi untuk penanganan akibat tanah longsor saat ini masih terus dilakukan. Upaya penanganan maksimal evakuasi yang dilakukan pembersihan dan mengamankan barang-barang berharga dan layak pakai dari SDN tersebut.

"Sampai saat ini jalan desa masih terputusnya karena tanah longsor di sekitar wilayah tersebut," katanya.

Menurutnya Kodim 0829/Bangkalan dengan kesiapsiagaan tanggap bencana juga menyiagakan dan menyiapkan prajurit serta berbagai sarana prasarana sampai dengan alat berat dalam membantu menangani tanah longsor dan korban banjir di wilayah Bangkalan.

"Prajurit Kodim 0829/Bangkalan akan selalu siap dalam membantu korban bencana alam setiap saat dengan segala kemampuan yang dimiliki Kodim," katanya (tim5)