Kediri, tribunusantara.com - Aksi demo yang dilakukan HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) berlangsung damai tanpa keributan sekecil apapun, sebelumnya sudah dilakukan mediasi antara HMI dengan Polresta Kediri, dan HMI mengusung slogan “Merawat Pancasila” sebagai dasar acuan aksinya. Di pihak Polresta Kediri Kasatreskrim , AKP Samsul Huda ,Kasat Intelkam, AKP Ponidi menerima perwakilan dari HMI ,antara lain, Agus Kurniawan, Arif Hidayatulah dan Ahmad Mustain Billah, jumat (04/11/2016)

“Perlu kita tekankan bahwa aksi hari ini bukan bela agama akan tetapi  tentang bela negara, perlu kita ketahui untuk masalah agama itu sangat riskan karena di Indonesia  mayoritas Islam, dan tema kita hari ini adalah merawat pancasila, karena sudah kita ketahui bersama ,bahwa nilai-nilai pancasila sudah mulai luntur,” ucap Ahmad Kurniawan.

“Kami meminta agar kasus penegakan hukum segera dituntaskan antara lain, kasus dugaan penistaan agama oleh saudara Ahok, kasus pencemaran nama baik oleh saudara Saut Situmorang, kasus pelanggaran HAM, kasus Bank Century maupun BLBI,” tambah Arif Hidayatulah.

Sebelumnya, Kasdim kediri, Mayor Inf Joni Morwantoto memberikan penjelasan terkait aksi demo yang berlangsung 4 nopember ini, pada pengarahannya kemarin di Makodim Kediri, bahwa sebagai anggota TNI harus bersikap netral atau berada di posisi tengah dalam menyikapi segala aksi demonstrasi yang sudah diatur oleh undang-undang. Demonstrasi itu sendiri merupakan bagian dari tatanan demokrasi yang mengarah pada penyaluran aspirasi atau pendapat dari sekelompok orang, dan sebagai anggota TNI harus menghargai hal tersebut. Tetapi bilamana aksi demo tersebut merambah pada tindakan anarkis, maka harus dilakukan tindakan tegas, agar tidak mengganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat yang ada di sekitarnya. Mayor Inf Joni Morwantoto juga mewanti-wanti agar semua anggota Kodim 0809/Kediri harus berpedoman pada SOP yang sudah ditetapkan, dan dalam mengawal aksi demonstrasi tersebut, anggota Kodim Kediri menggunakan pakaian biasa/umum.

Aksi demo tersebut berlanjut dari Mapolresta Kediri menuju alun-alun Kota Kediri atau tepatnya berada di Kelurahan Kampung Dalem Kecamatan Kota, dan aksi tersebut berakhir tanpa ada gesekan ataupun tindak anarkis sama sekali. Aksi demo ini juga tidak banyak menyita perhatian masyarakat, terbukti arus lalu lintas berjalan normal seperti biasa, dan aktifitas warga Kota Kediri berlangsung seperti biasa. (Pen)