Bangkalan, tribunus-antara.com : Babinsa Koramil 0829-13/Arosbaya, Kodim 0829/Bangkalan, Serka Dori dan Serda Darno membantu mengajar santriwan-santriwati Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hasan Pocokan Lajing Arosbaya Bangkalan Madura yang berada di Desa Lajing Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan, Selasa (29/11) dengan materi wawasan kebangsaan (Wasbang) dan PBB (Peraturan Baris berbaris).

"Kegiatan ini merupakan salah satu pembinaan teritorial bagi satuan komando kewilayahan terhadap masyarakat yang berada di wilayah binaanya," kata Komandan Rayon Militer (Danramil) 0829-13/Arosbaya Kapten Kav Hendri Tjahyo.

Ia mengatakan, para babinsa juga memberikan materi kedisipinan, wawasan kebangsaan dan latihan baris-berbaris.

"Sebagai generasi penerus bangsa harus punya semangat dalam menimba ilmu agar kedepan bisa ikut membangun daerah ini menjadi lebih maju,” ungkap Kapten Kav Hendri Tjahyo.

Menurut dia, bangsa Indonesia adalah bangsa besar dengan keanekaragaman suku dan budaya serta agama, tetapi dengan perbedaan tersebut kita tetap satu yaitu bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

"Kita harus bangga dengan keanekaragaman tersebut, seperti semboyan Bhineka Tunggal Ika yang mempunyai arti berbeda beda tetapi tetap satu," ujarnya.

Sedangkan menurut salah satu pengurus Ponpes Darul Hasan Syarafal Anam, saat ditemui  menyampaikan bahwa dengan adanya program kegiatan seperti ini tentunya sangat membantu sekolah-sekolah yang berada di daerah pedalaman terutama untuk pelatihan disiplin para santri.

"Kehadiran TNI di sini membuat kami dekat dengan bapak-bapak TNI terutama anak didik kami. Mereka sangat senang dan bangga dengan kehadiran bapak-bapak TNI," ujarnya.

Disamping membantu kegiatan mengajar di kelas, prajurit TNI juga melaksanakan pelatihan PBB dan pembentukan disiplin kepada siswa dan ini sangat membantu untuk membentuk karakter serta perilaku yang tertib dan sopan santun, sehingga nantinya dapat diaplikasikan dikehidupan sehari-hari maupun pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

"Saya sangat senang dan berterima kasih kepada Bapak Danramil dan Babinsa yang telah membantu kami dalam proses kegiatan belajar mengajar di Ponpes Darul Hasan.  Saya tidak bisa memberikan apapun kepada bapak-bapak TNI yang telah dengan senang hati dan ikhlas membantu Ponpes Darul Hasan ini, sekali lagi saya mengucapkan terima kasih dan bangga," ujarnya. (tim-V)