Pasuruan,  tribunus-antara.com : Gelar apel Bhinneka Tunggal Ika " Cinta Damai' serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. Tak terkecuali di kabupaten Pasuruan. Forpimda Kab. Pasuruan Plus (Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ormas dan Tokoh Lintas Agama, Perwakilan Pelajar) di Lapangan SMA Negeri 1 Pandaan Pasuruan.

Apel Cinta Damai ini dipimpin langsung oleh Bupati Kab. Pasuruan H. M. Irsyad Yusuf, SE, MMA selaku pembina apel, AKP Sukiyanto, (Kanit Lantas Polsek Pandaan) selaku pimpinan apel, yang dihadiri 1 SSK Gabungan TNI / POLRI, 1 SSK Gabungan Polsus (Satpol PP, Dishub, dan PNS Polri), 1 SSK Gabungan Ormas (Senkom, Satpam, Linmas, Banser, Penjaga Pos Kamling), 1 SST Gabungan Pelajar SMA sebagai peserta apel.

Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai ini diselenggarakan di seluruh Indonesia sebagai bentuk respon terhadap perkembangan situasi stategis pada tatanan kehidupan regional, nasional dan global yang berimplikasi pada aspek keamanan dan ketertiban.
Dan kali ini Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai ini bertemakan “HIKMAH HARI PAHLAWAN KE-71 TAHUN 2016 KITA TINGKATKAN KESADARAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT GUNA MEWUJUDKAN PERSATUAN DAN KESATUAN NKRI YANG KOKOH”, dengan harapan tema ini bukan hanya sebagai slogan semata akan tetapi dapat diimplementasikan dalam tugas sehari-hari secara konsisten dan berkelanjutan”,  paparnya.

Bupati Pasuruan juga mengajak seluruh elemen masyarakat di Kab. Pasuruan untuk bersama-sama Pemerintah, TNI, POLRI untuk menjaga Kebhinekaan seperti perbedaan suku dan perbedaan agama dapat dijadikan alat pemersatu bukan sebagai alat pemecah belah bangsa.

Di akhir sambutan Kapolda Jatim yang dibacakan oleh Bupati menyampaikan “Bahwa ada 4 Pilar Kebangsaan yang harus kita junjung tinggi dan jaga keutuhannya yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) (dir)