Pasuruan, tribunus-antara.com : Warga berdatangan mendengar teriakan “Maling” dari salah seorang Takmir Masjid Nailul Rohman. Saat itu SAI(32) warga dusun Simpar Ds. Baujeng Kec. Beji Kab. Pasuruan, SA hampir saja dihajar massa. Pria ini tertangkap tangan mencuri kotak amal di teras Masjid Nailul Rohman, yang saat itu hendak membawa Kotak Amal tersebut untuk dimasukkan ke dalam Mobil Pick-up nya menjadi sasaran empuk warga dusun Patebon Ds. Kebonwaris Kec. Pandaan Kab. Pasuruan, Selasa dini hari (22/11/2016) 02.20 WIB

Saat ini, tersangka sudah diamankan di Mapolsek Pandaan, selain itu Polisi juga mengamankan barang bukti Kotak Amal Masjid yang berisikan uang tunai Rp 40.000,- (empat puluh ribu rupiah) dan Mobil Pick-up warnah merah Nopol N 706 UT.

“Tersangka kami amankan saat hendak menjadi sasaran empuk masa, dan kebetulan saat itu juga anggota kami sedang melakukan Patroli di sekitar wilayah tersebut, sehingga kita langsung dapat melerai serta mengamanakan pelaku dan barang buktinya untuk di bawa ke Polsek Pandaan guna melakukan penyidikan lebih lanjut”, kata Kapolsek Pandaan Kompol M.Iskak

Modus pelaku dalam melakukan aksi ini, menurut Kapolsek, berpura – pura masuk menjalankan shalat malam. Setelah menjalankan sholat ia celingukan mencari kotak Amal di dalam Masjid, hingga menemukannya di teras dan langsung mengambil Kotak Amal tersebut untuk dimasukkan ke dalam Mobil Pick-up, namun apes aksinya gagal.

“Kami masih mengembangkan perkara ini, dan pelaku juga masih kami tahan untuk mempertanggungjawabkan perbutannya” pungkasnya.  Pelaku kita jerat dengan pasal 363 KUHP, ancaman hukuman 7 tahun penjara."terang Kasubbag Humas AKP.Md.Yusuf (joko)