Kediri. tribunus-antara.com  -  Kawasan monumen SLG (simpang lima gumul) yang juga merupakan destinasi wisata sekaligus icon pariwisata Kabupaten Kediri, menjadi tempat pilihan penyelenggaraan jagongan kamtibmas ala joyoboyo, yang kali ini mengambil tema “melalui gowes bersama kita ciptakan kambtimas kondusif ,dalam rangka mendukung pembangunan di Kabupaten Kediri”. Acara tersebut juga dihadiri Kapolres Kediri, AKBP Yosep Gunawan, Kasdim Kediri, Mayor Inf Joni Morwantoto, Wakil Bupati Kediri, M.Masykuri dan anggota Kodim 0809/Kediri ,Polres Kediri serta tokoh masyarakat setempat, kamis (24/11/2016).

AKBP Yosep Gunawan mengingatkan, bahwa keamanan dan ketertiban merupakan bagian dari kesadaran bersama untuk saling menjaga, baik saat di lingkungan masyarakat maupun di jalan raya. Polres Kediri juga telah memasang beberapa CCTV di lokasi-lokasi rawan tindak kriminal dan kecelakaan lalu lintas, maka dari itu, peran masyarakat untuk merespon tata tertib lalu lintas serta keamanan lingkungannya masing-masing juga perlu menjadi bahan acuan, upaya meminamlisir tindak kriminal dan kecelakaan lalu lintas.

Disamping itu, aplikasi “jangka joyoboyo” berbasis android yang merupakan pelayanan dengan teknologi komunikasi melalui jalur internet, juga menjadi dasar utama masyarakat untuk mengadu atau memberikan laporan terkini seputar keamanan dan ketertiban. Selain itu, menjaga kebersamaan lintas institusi juga sangat diperlukan, guna membangun akar komunikasi yang lebih intensif dalam menciptakan suasana yang harmonis.

Mayor Inf Joni Morwantoto juga menghimbau, masyarakat Kediri untuk saling menjaga kerukunan antar umat beragama serta tidak mengkait-kaitkan latarbelakang etnis dalam berkehidupan sosial masyarakat. Demikian juga dalam aktifitas kesehariannya, agar tidak mudah terpancing segala bentuk provokasi yang diluncurkan oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, dan selalu menjaga Bhinneka Tunggal Ika di tengah-tengah lingkungan masyarakat.

Dari keterangan Pasi Ops Kodim Kediri, Kapten Arm Nur Solikin, Kodim 0809/Kediri turut ambil bagian dalam penyelenggaraan yang diprakarsai Polres Kediri ini, dengan mengikutsertakan 50 anggotanya untuk bersepeda bersama di pagi hari, dengan mengambil start di Mapolres Kediri dan finish di monumen SLG. Anggota Kodim Kediri tersebut terdiri dari Koramil 04/Ngasem, Koramil 16/Papar, Koramil 17 /Purwoasri, Koramil 18/Plemahan, Koramil 23/Kunjang, Koramil 11/Pare dan Koramil 12/Gurah. (braV)