Pasuruan, tribunus-antara.com : Kader kesehatan di kecamatan Wonorejo mengadakan kegiatan senam bersama dan lomba kader dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 52.

Acara yang dilaksanakan setiap tahun ini digagas sendiri oleh para kader dengan dibina langsung oleh Kepala Puskesmas Wonorejo dr. Mardina Fajarningsih.

Ketua panitia penyelenggara menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para kader kesehatan dilingkungan kecamatan Wonorejo untuk terus bersinergi dan semangat dalam mendampingi masyarakat di desa masing-masing. Organisasi kader kesehatan di Puskesmas Wonorejo yang berusia 6 tahun ini aktif melakukan berbagai kegiatan di bidang kesehatan dengan dukungan dan bimbingan dari  Puskesmas Wonorejo.

Peringatan HKN dimeriahkan dengan macam-macam lomba-lomba antara lain lomba penampilan Seni Kader. Disamping meriah namun tetap menyelipkan pesan kepada masyarakat tentang pentingnya berperilaku Hidup Bersih dan Sehat.  Pemenang lomba adalah desa Karangasem untuk juara I menampilkan seni drama bertemakan ASI EKSLUSIF, disusul desa Kluwut Juara II dan desa Pakijangan Juara III

dr. Mardina Fajar Ningsih bahwa perlu ada kerjasama yang baik antar bidan dan kader dalam pelayanan masyarakat. Ibu hamil agar rutin memeriksakan diri, terutama BUMIL RISTI ( ibu hamil resiko tinggi), semua itu untuk mengurangi kematian bayi dan ibu bayi.

Masih dr.Mardina Fajar Ningsih menambahkan Kementerian Kesehatan RI telah menetapkan Tema peringatan HKN ke-52 Tahun 2016 adalah "INDONESIA CINTA SEHAT dengan Sub Tema  MASYARAKAT HIDUP SEHAT,

INDONESIA KUAT. Tema ini harus dimaknai secara luas, seiring dengan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Bahwa pentingnya mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat, perlunya mengajak masyarakat membiasakan hidup sehat, dan memberikan tanggung jawab menjaga diri sendiri, keluarga, dan lingkungannya untuk hidup sehat melalui upaya preventif dan promotif," kata dr.Mardina (yud)