Kediri, tribunus-antara.com :  Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) Gabungan dilaksanakan oleh pengurus IPNU/IPPNU Pimpinan Ranting Desa Krecek dan desa Lamong kecamatan Badas kabupaten Kediri Sabtu 12-13 November 2014. Acara digelar di gedung MI  Miftakhul Huds
desa Lamong.

Kegiatan Makesta tersebut merupakan program setiap ranting IPNI/IPPNU seluruh Indonesia untuk mencetak kader baru atau regenerasi kader. Merupakan wahana untuk mengantarkan calon anggota dari kehidupan individu ke dalam kehidupan sosial (organisasi) dan merupakan wahana orientasi dalam kehidupan berorganisasi dan merupakan pengkaderan tahap awal menuju perekrutan dan pengenalan anggota terhadap organisasi IPNU-IPPNU. Juga menempa kader Nahdhlatul Ulama yang memiliki wawasan Aswaja, Wawasan Kebangsaan, Leadership atau Kepimpinan, Sosiologi dan Antropologi Desa, Ke-IPPNU an dan ke IPNU an.

Sebagai gerakan pemelihara kemurnian ajaran islam, kaum Ahlus Sunnah Wal Jama’ah selalu berpedoman kepada prinsip-prinsip antara lain sebagi berikut : 1. At tawasuth ( Jalan Tengah ) Dengan prispip ini kita akan selalu mejadi kelompok yang dapat diterima oleh semua pihak dan selalu menghindari segala bentuk pendekatan bersifat ekstrim  2. I’tidal ( Adil / Tegak Lurus ) Dengan sikap I’tidal kita harus berpegang kepada norma-norma yang sudah kita yakini kebenarannya dan menghindarkan diri dari segala bentuk penyimpangan 3. Tasamuh ( Toleran )

Apabila terjadi perbedaan pandangan baik dalam masalah keagamaan maupun dalam persoalan kemasyarakatan dan kebudayaan kita harus berlapang dada, tidak terburu-buru menerima atau menolak pendapat orang lain. Namun terhadap sesuatu yang sudah kita yakini kebenarannya kita harus berpegang kepada keyakinan kita. 4. Tawazun ( Seimbang )

Sikap ini memberikan tuntunan kepada kita agar selalu menjunjung tinggi syariat dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat dengan prinsip keseimbangan. Seimbang antara dunia dan akhirat.

Sebagai narasumber untuk mengisi materi Makesta adalah Tokoh Nu dan Banom-Banom Nu desa Lamong dan Desa Badas. Dalam penjelasan pemberian materi narasumber mengharapkan generasi muda kader IPPNU/IPNU tampil sebagai generasi penerus bangsa yang mencintai Tanah Air serta berwawasan Kebangsaan.  (hariono)