Tribunus-Antara.com -  Pasuruan, KH. Muhammad Subadar adalah sosok figur kyai kharismatik, semasa hidupnya beliau banyak untuk kegiatan dakwah keagamaan salah satunya pengasuh pengajian rutinan malam rabu di masjid jami' Al- Anwar Kota Pasuruan. tak heran peringatan 100 hari wafat beliau ribuan jamaah membanjiri acara tersebut. Para ulama dan Habaib se- Pasuruan banyak hadir, terlihat dari pantauan wartawan KH. Idris Hamid, KH. Anwar Mansyur pengasuh Ponpes Lirboyo Kediri, serta Para Habaib antaranya Hb. Hasan Assegaf Hb. Taufiq Assegaf Habib Abdulloh Al Muhdlor dari Yaman.

Hadir pula Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf ( Gus Ipul ) acara tersebut di awali dengan pembacaan Surat Yasin dan Tahlil yang dipimpin oleh Hb. Hasan Assegaf, kemudian di lanjutkan sambutan dari Gus Ipul, serta dilengkapi ceramah Hb. Taufieq Assegaf Pimpinan Ponpes Sunniyah Salafiyah Pasuruan, dalam ceramahnya Hb. Taufiq berpesan hendaknya para Ulama untuk tetap menjaga tugasnya sebagai pemimpin ummat, dan tidak menjadi pendukung kebijakan pemerintah yang melenceng dari nilai-agama islam, lebih lajut habib menyampaikan ulama dapat memberikan nasehat-nasehat yang benar kepada pemerintah.

Menyinggung soal dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur non aktif Basuki Cahaya Purnama ( Ahok ) pemerintah harus tegas mengambil sikap. Penegak hukum diminta untuk  bertindak adil dalam melakukan proses hukum kepada ahok, siapapun yang mencela,menghina apalagi menistakan agama pasti Alloh Swt akan memberikan adzab

Pemimpin itu tidak dianggap berhasil dalam kepemimpinannya jika tidak bisa mensejahterakan rakyat atau penduduk pribumi, selama ini pemerintah terlalu memberikan fasilitas lebih kepada pengusaha asing sehingga sedikit demi sedikit perekonomian kita di kuasai oleh bangsa asing.
Di akhir ceramahnya habib Taufiq menyampaikan mengajak kepada seluruh ummat Islam untuk kembali kepada Alloh Swt. ( luqman )