Surabaya, tribunus-antara.com : Komunitas Persandian di Wilayah Jawa Timur, khususnya yang berada di sekitar Surabaya melaksanakan Silaturahmi yang dibalut dengan Olah Raga bersama di Lapangan Tenis Kodam V/Brawijaya, Jumat (25/11/2016).
         
Mengawali sambutannya Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI I Made Sukadana S. Ip mengucapkan selamat datang kepada para praktisi sandi dan rombongan serta peserta sekalian. Mudah-mudahan acara pertemuan ini dapat berjalan dengan baik, lancar dan mencapai sasaran yang diharapkan.
           
Selaku Pangdam, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini, mengingat SANDI mempunyai tugas pokok menetapkan kebijaksanaan pelaksanaan dibidang persandian, mengatur, mengkoordinasikan dan mengendalikan hubungan persandian dan kegiatan-kegiatan badan-badan persandian terutama dalam pengamanan dan pemberitaan rahasia negara, menyelenggarakan pendidikan khusus dibidang persandian, penelitian dan pengembangan persandian dan melaksanakan koordinasi penggunaan personel maupun materiil persandian.
         
“Peran persandian ini harus ditingkatkan, baik dari segi SDM maupun alat yang digunakan. Mengingat, pentingnya informasi yang harus disampaikan secara tepat, tertup dan rahasia,” kata Pangdam V/Brawijaya.
         
Selain itu, kata Pangdam, persandian adalah hal yang sangat penting dalam menjalankan tugas, pokok dan fungsi sekaligus menjaga keamanan di wilayah. “Kita tahu bahwa tugas persandian adalah mengatur, mengkoordinir, dan menyelenggarakan hubungan persandian secara tertutup dan rahasia antara aparatur negara baik di pusat maupun daerah dan hubungan persandian ke luar negeri,” imbuh Mayjen TNI I Made Sukadana.
         
Sehubungan dengan hal itu, lanjut Mayjen TNI I Made Sukadana, dirinya sangat mengapresiasi acara yang dibalut dengan kegiatan olehraga yang digelar pada hari Jumat hari ini. “Saya menyambut baik terselenggaranya acara pertemuan Komunitas Sandi ini. Selain sebagai wahana silahturahmi, acara sat ini juga berguna sebagai wahana koordinasi dan persandian se-Jawa Timur,” kata mantan Danrem 172/Praja Wirayakti itu.
         

Perlu diketahui, Komunitas Persandian selain memiliki tugas mengamankan informasi rahasia Negara, lembaga persandian juga mempunyai tugas menganalisa informasi dari pihak Asing dan penjaminan keamanan informasi. Sehingga, kedua misi tersebut selaras dengan persandian beberapa negara Asing.
         
Silaturahmi yang dibalut dengan Olah Raga bersama ini dihadiri oleh para Asisten Kasdam V/Brawijaya, Kepala Badan Pelaksana Kodam V/Brawijaya, Sandi Pertamina, Sandi Propinsi, Sandi Armatim, Sandi Lantamal, Sandi Pasmar, Sandi Lanud Surabaya, Sandi Polda, Sandi Polrestabes, Sandi Divif 2 Kostrad dan Sandi Kejati. (n)