Pasuruan, tribunus-antara.com : TIM SABER BEGAL singkatan dari kata Sapu-bersih, jadi tim yang dibentuk untuk menyapu bersih / mencegah dan menangkap begal-begal diwilayah Kab. Pasuruan. Tim Saber Begal ini dibagi menjadi 3 Regu masing-masing Regu dibagi per-rayon dan  dibekali dengan perlengkapan khusus diantaranya Senjata Api laras panjang V-2 yang diperuntukkan untuk anggota Tim, Senjata Api jenis Revolver yang diperuntukkan untuk Komandan Regu, Helm Taktikal, Rompi anti peluru, Borgol, serta sebagai pendukung utama disiapkan kendaraan Sepeda Motor Trail yang dipergunakan sebagai sarana transportasi saat melaksanakan patroli, dan perangkat lainnya yang menjadi perlengkapan resmi Tim Anti Begal Polres Pasuruan.

Dalam gelar Apel, Kapolres langsung terjun membekali serta memberi arahan kepada Tim Saber Begal di Joglo Mapolres Pasuruan di dampingi Wakapolres Pasuruan . Dalam arahannya  Kapolres menerangkan, bahwa Tim Saber Begal ini dibentuk untuk melakukan giat Preventif (pencegahan), dengan melakukan giat Patroli di jam-jam rawan dan tempat-tempat rawan bukan hanya itu tempat-tempat yang dianggap amanpun juga tetap di jaga dan dilakukan patroli, selain itu Tim ini juga bertugas memback-up giat Represif Serse namun tetap berbeda, jika Represif Serse bersifat tertutup, maka Represif yang akan dilakukan Tim Saber ini Pam Terbuka.

“Tim ini akan beroperasi 2 gelombang waktu yang dianggap rawan sesuai laporan masyarakat, yaitu pukul 15.00-20.00 WIB dan pukul 03.00-08.00 WIB, sedangkan untuk kekosongannya akan diperbantukan kepada seluruh Polsek jajaran yang beroperasi mulai pukul 19.00-02.00 WIB diwilayah hukum Polsek masing-masing, namun ini hanya jadwal sementara, untuk Jam bisa berubah sewaktu-waktu menyesuaikan situasi di lapangan”, terangnya.

“Saya ingatkan kepada Tim Saber Begal untuk tetap menjaga kesehatan dan kekompakkan, mari kita jaga kemanan wilayah hukum kita, selalu Stand by jika sewaktu-waktu kita dibutuhkan dilapangan jadi kita bisa langsung bergeser, kalau bisa kita jadikan malam menjadi siang sehingga masyarakat kita yang melakukan aktivitasnya dimalam hari juga tidak merasakan takut dan resah sedikitpun, tunjukkan kinerja kita kepada masyarakat hingga masyarakat merasa aman dan nyaman, dan ingat tetap pedomani Protap No. 1 tahun 2009 dalam pelaksanaan tugas”, tegas Kapolres Pasuruan.