PASURUAN  : Seperti halnya masyarakat
di daerah lain, Warga Pasuruan yang tinggal di wilayah  desa Ranggeh kecamatan Gondang Wetan kabupaten Pasuruan, sibuk mempersiapkan keperluan menjelang Maulid Nabi SAW yang jatuh pada tanggal 12 Desember 2016/12 Rabi'ul Awal 1438 H.

Pasar Ranggeh Sabtu 10/12 sekitar pukul 20.00  WIB berubah menjadi 'pasar manusia'. Warga kecamatan Ranggeh tumpah ruah di pusat keramaian Ranggeh untuk peringatan kelahiran Nabi junjungan umat Islam tersebut.

Pasar Ranggeh pasti sangat ramai pada malam menjelang Maulid Nabi atau Mauludan seperti warga sekitar menyebutnya. Pasar Malam ini menggelar permainan anak-anak, hiburan, aneka makanan ringan, buah-buahan dan berbagai mainan anak yang di jual oleh para pedagang yang pada umumnya adalah warga desa di kecamatan Gondang Wetan

Pasar malam Ranggeh disediakan untuk keperluan masyarakat sekitar yang ingin berbelanja untuk memenuhi keperluan menjelang Mauludan. Kecerian wajah nampak diantara para pengunjung terutama anak-anak yang yang sibuk memilih aneka mainan, Mauludan hampir identik dengan 'pesta poranya anak-anak'.

"Saya setiap menjelang maulid nabi selalu datang ke pasar Ranggeh ini, mbak," ujar Luluk. Acara pasar malam tahunan ini pasti ramai dikunjungi warga. Kebahagiaan Maulud Nabi ini terpusat di pasar Ranggeh karena memang merupakan pusat keramaian di kecamatan Gondang Wetan,' lanjut Luluk warga desa menyarik.   (Obby)

Posting Komentar