Pasuruan, Tribunus-antara.com : Bencana banjir kiriman yang menerjang Kecamatan Purwodadi - Purwosari, Kabupaten Pasuruan, akibat meluapnya Sungai Juri. Meluapnya sungai setelah sebelumnya kawasan Kecamatan Singosari dan Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang diguyur hujan deras sejak pukul 14.00. Air berangsur surut sekira pukul 18.30. Luapan air mengakibatkan kemacetan hingga sejauh 5 km. Di Kecamatan Purwosari sejak KM 62 - 64 jalur Malang - Surabaya dan sebaliknya.

Kronologisnya : 1. Pada pkl 14.15 WIB di daerah   Kecamatan Singosari, Kec Lawang Kabupaten Malang  dan wilayah Kecamatan Purwodadi dan Kecamatan Purwosari Kab Pasuruan telah diguyur hujan deras. Air hujan ini mengalir deras ke sepanjang Sungai Juri yang ada disisi barat jalan Jalan Raya  Surabaya - Malang.

2. Pkl 17.00 WIB Sungai Juri tidak mampu membendung luapan air hujan. Derasnya air meluap ke badan jalan lantaran pembatas pondasi di sisi sungai kurang tinggi sehingga air meluber ke rumah-rumah penduduk. Paling parah terjadi di RT 01/RW 03 Dusun Kertosari, Desa Kertosari, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Sebanyak 50 rumah terendam air hingga setinggi 50 CM.

3. Pkl 17 .30 WIB Sat Lantas Polres Pasuruan mengalihkan jalur arah Malang - Pasuruan (Malang - Surabaya) dan sebaliknya. Arus kendaraan dialihkan ke lajur kanan. Baik dari arah Malang - Surabaya atau sebaliknya

4. Pkl 18.30 WIB air hujan mulai reda dan Sungai Juri mulai surut. Untuk mengurai kemacetan petugas Sat Lantas membuka kembali jalur Malang - Surabaya seperti semula. Kemacetan bisa kembali normal sekitar 5 jam kemudian.

Akibat bencana ini, satu rumah penduduk, yaitu milik Fauzi (40) warga Dusun Kertosari, Desa Kertosari dindingnya jebol. Meski demikian tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Jalan raya desa rusak parah. Yang mengejutkan warga, 1 unit mobil Pajero rusak setelah diterjang air. Kaca depan pecah dan body samping juga lecet-lecet tergores materialan yang terbawa air. Bengkel Karoseri milik Sugik juga roboh. Tidak itu saja, sebuah jembatan di Dusun Capang Kecamatan Purwodadi hanyut terseret banjir. Sementara itu, banjir yang merendam rumah-rumah penduduk Kecamatan Kraton, pukul 23.00 berangsur-angsur surut. Tapi meski demikian, para aparat keamanan bersama jajaran Muspida Kota Pasuruan masih bersiaga di seputaran jembatan Kraton. (kadir)

Posting Komentar