PASURUAN, tribunus-antara.com  -  Proyek Galian pipa air Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ) Kota Pasuruan yang di garap oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Pasuruan memakan korban untuk yang kedua kalinya rentang waktu tiga bulan terakhir. Sebelumnya nasib naas dialami sebuah truk pengangkut pasir dari Paserpan  menuju Madura terperosok di pertigaan Jl Aerlagga - Raden Patah Kelurahan Purworejo  kota Pasuruan.

Kini terjadi lagi musibah yang sama Jumat malam 27/01/2017 sekitar pukul 21.30 WIB pada truck, Roda truk sisi kiri belakang terjerembab ke aspal bekas galian pipa air sedalam sekitar 50  cm yang melintang di jalan Raden Patah.  Sepertinya Aspal tambalan sepanjang delapan meter dan lebar 80 cm ini pemadatanya hanya  memakai tanah uruk plus pasir, tidak terlihat koral atau semen sama sekali. Hal ini diketahui ketika awak truk mengeruk material di sisi roda yang terjerembab untuk berusaha mengeluarkan roda truk dari lobang galian.

Menurut saksi warga sekitar yang tiggal di lokasi kejadian menuturkan bahwa proses pemadatan galian hanya di uruk dengan tanah bekas galian dan langsung di aspal.

"Sebelum ada kejadian truk terjerembab ini, dipojok selatan pertigaan ini,sudah ada lobang yang menganga dengan diameter sekitar 80cm dengan kedalaman sekitar satu meter, sehingga mempersempit lebar jalan. Dan keberadaan lobang ini relatif lama.

Sekeitar  satu bulan ini dan belum ada tanda tanda perbaikan dari dinas Pekerjaan Umum Kota Pasuruan."Ujar warga yang namanya tidak mau ditulis ini.

Kejadian kecelakaan di pertigaan Aerlangga-Raden Patah ini sering terjadi akibat dari ramainya lalu lintas ditambah aktifitas lalu lintas kendaraan dari dan menuju ke Klinik AI Aziz  yang berdiri persis di sisi timur pertigaan ini.

Seperti yang dialami truk naas ini. truk yang dikemudikan Solihin warga Bakalan Kota Pasuruan ini berusaha untuk menghindari kendaraan kecil (sepeda dan sepeda motor serta becak) yang menyebrang dari jalan Aerlangga kejalan Raden Patah, sehingga laju truk terpaksa minggir dan tanpa diduga roda belakangnya terjerembab ke aspal bekas galian pipa air yang rapuh ini. Akibat dari insiden ini arus lalu lintas sedikit tersendat Dan beruntung tidak ada korban.  (prabowo)

Posting Komentar