JEMBER ,  tribunus-antara.com   -
Karya Bakti TNI Secaba Rindam V/Brw Bersama Koramil 0824/02 Arjasa dan Banser Bantu Singkirkan Material Longsor Yang Lumpuhkan Saluran Irigasi dan Jembatan Ambrol. Hujan lebat yang turun selama beberapa hari ini mengakibatkan beberapa titik dikecamatan Arjasa yang merupakan daerah berbukit mengalami longsor, walaupun tidak memakan korban jiwa namun material lonsoran tersebut mengakibatkan jembatan ambrol dan beberapa aliran irigasi di kaki bukit tersebut tertimbun longsoran hingga melumpuhkan pengairan untuk sekitar 72 hektar sawah dibawahnya.

Terkait dengan keadaan tersebut beberapa waktu yang lalu memang sudah dilaksanakan karya bakti oleh koramil namun dengan adanya hujan yang turun tidak henti-hentinya setelah itu longsoran kembali menimbuni saluran air tersebut.

Sehingga pada Sabtu 28/01/2017 Pukul 07.00 Wib kembali dilaksanakan karya bakti TNI dengan sasaran pembersihan saluran irigasi Kali Amsar sepanjang 150 meter, Kali Budar sepanjang 100 meter di Ds Kemuningsari Lor dan jembatan penghubung antara desa Kamal dan Candijati sepanjang 20 meter.

Personel yang terlibat pada karya bakti tersebut antara lain Dansecaba Rindam V/Brw Letkol Inf Agus S  beserta 110 orang anggotanya, Danramil 0824/02 Arjasa Kapten Arm Fathulloh beserta 13 orang anggotanya, Ketua Banser Jember Ayub Junaedi beserta anggotanya sebanyak 100 orang, BPBD 20 orang dan masyarakat sebanyak 150 orang.

Kegiatan diawali dengan pengarahan dan pembagian tugas yang di Pimpin langsung oleh Dansecaba Rindam V/Brw Letkol Inf Agus S, selanjutnya Kapten Arm Fathulloh yang ditugaskan untuk membagi sector pekerjaan bagi personel tersebut untuk kelancaran pelaksanannya, Personel Secaba Rindam V/Brw bersama 45 dan 50 orang anggota Banser masyarakat pembersihan  Kali Amsar di Ds
Kemuningsari Lor, 10 orang Personel Koramil 0824/02  bersama 60 masyarakat dan 50 orang anggota Banser  pembersihan Kali Badar dan 4 orang anggota Koramil bersama 40 orang masyarakat dan BPBD membuat jembatan darurat dari bambu.

Kegiatan selesai pada pukul 11.00 Wib dan pasukan kembali melaksanakan apel pengecekkan dan pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik, saluran irigasi dapat berfungsi normal kembali dan jembatan daerurat juga sudah dapat berfungsi dan hanya dapat dilalui oleh kendaraan sepeda maupun sepeda motor.

Suparmo 53 tahun warga salah satu warga masyarakat berterima kasih sekali atas dilaksanakannya karya bakti tersebut, sehingga apa yang menjadi kesulitan masyarakat disini dapat diatasi bersama secara gotong royong, sekali lagi terima kasih kepada Bapak TNI yang telah menormalkan saluran irigasi  sehingga sawah kami mendapatkan pengairan seperti biasa dan jembatan yang sudah dibuatkan juga dapat menghubungkan kami dengan masyarakat seberang.

Letkol Inf Agus S yang belum bisa kami konfirmasi karena langsung meninggalkan tempat, selanjutnya Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Rudianto dalam konfirmasinya menyampaikan terima kasih kepada Dansecaba yang telah memperbantukan anggotanya, kepada Bpk Ayub Junaedi selaku Komandan Banser juga saya sampaikan terima kasih atas kepeduliannya, demikian halnya kepada anggota dan masyarakat yang telah bergotong royong.

Letkol Inf Rudianto lebih lanjut berpesan kepada Danramil dan Babinsa hendaknya permasalahan sarana tersebut dapat dikawal dan masuk pada pengusulan di Musrenbangdes, sehingga saluran air maupun jembatan dapat disempurnakan dan tidak terdampak longsor lagi dikemudian hari. (sis24)

Posting Komentar