JEMBER - Letkol.Inf. Rudianto di Aula Kodim 0824 Jember  Selasa 17/01  memberikan wawasan kebangsaan kepada 59 siswa/siswi  Pengurus OSIS SMA dan SMK se Kota Jember. Mengawali materinya Letkol Inf Rudianto memperkenalkan diri sebagai pejabat baru Komandan Kodim 0824, selanjutnya acara yang digelar santai dengan diselingi kelakar membuat adik-adik tertawa sehingga tidak menjenuhkan.  Siswa-siswi pun dengan antusias mengikuti materi yang disampaikan.

Letkol Inf Rudianto pada kesempatan tersebut menegaskan akan apa pentingnya mengenal para pahlawan, karena atas perjuangan merekalah kita dapat hidup seperti ini, dan semangat juang merekalah yang harus selalu kita warisi.
Dampak perkembangan tehnologi dan informasi saat ini benar-benar mampu mempengaruhi prilaku dan karakter masyarakat utamanya generasi muda dan pelajar sebagai bagian strategis Bangsa Indonesia, karena ditangan generasi mudalah kelangsungan hidup Bangsa Indonesia 10-20 tahun kedepan.

Untuk itu Letkol Inf Rudianto berpesan agar adik-adik selalu giat belajar, lebih aktif dalam menyerap ilmu pengetahuan dan tehnologi namun harus selalu bijak dalam mengaplikasikannya, negara kita adalah negara besar yang kaya akan sumberdaya alam, sehingga sangat memerlukan orang cerdas dengan tangan-tangan terampil yang berwawasan kebangsaan dalam mengelolanya.

Dandim juga menegaskan bahwa kita sudah dilanda oleh adanya proxywar yang perlu adik-adik ketahui bahwa Proxy war merupakan sebuah konfrontasi antarkekuatan besar dengan menggunakan pemain pengganti untuk menghindari konfrontasi secara langsung dengan alasan mengurangi risiko konflik langsung yang berisiko pada kehancuran fatal.
Proxy war terjadi di Indonesia melaui beberapa cara, di antaranya narkoba, konflik antarkelompok maupun terorisme. Indonesia masih bisa keluar dari ancaman proxy war dengan berkomitmen menjadi negara agrasi, maritim, dan industri. Letkol Inf Rudianto pun mengajak para generasi muda untuk menjadi agen perubahan dan pemersatu bangsa.

Pesan Dandim pada akhir materinya mengingatkan agar adik-adik mampu menyerap secara bijak informasi dan publikasi yang masuk dari berbagai media baik elektronik, media cetak maupun media sosial, sehingga tidak mudah terpengaruh, bahkan kedepan Letkol Inf Rudianto ingin mengajak adik-adik mengadakan semacam game ilmu pengetahuan antar sekolah guna meningkatkan kualitas intelijensi generasi muda.

Game ilmu pengetahuan tersebut akan didiskusikan dahulu dengan pihak sekolah dan Kantor Diknas Kab Jember dengan harapan mampu menambah kesibukan adik-adik dalam menambah wawasan ilmu pengetahuan sehingga kelak mampu menjadi generasi yang handal dan berkualitas. (sis24)


Hak Jawab / Hak Koreksi:
call / SMS / WhatsApps:
082233590005 / 081357848782
Email: tribunusantara@gmail.com

PASURUAN

[Pasuruan][fbig1][#e74c3c]

Nasional

[Nasional][fbig1][#e74c3c]
Diberdayakan oleh Blogger.