JEMBER - Hujan lebat disertai angin puting beliung pada Kamis 05/01/2017 pukul 14.30 Wib dan menghancurkan ratusan rumah penduduk dibeberapa desa,  beberapa rumah di Keluarahan Antirogo Kec Sumbersari mengalami rusak ringan, demikian halnya di Ds Mrawan Kec Mayang juga beberapa rumah rusak ringan, dan yang terparah di Kec Pakusari terutama di Ds Pakusari, Ds Jatian, Ds Subo, Ds Sumberpinang dan Ds Kertosari.

Sejak kejadian tersebut Poskoramil 0824/28 Pakusari bersama Camat dan BPBD turun ke Lapangan untuk mengadakan upaya tanggap darurat, data yang masuk hingga berita ini diturunkan sementara di Ds Pakusari 23 unit rumah roboh, 240 rusak sedang, di Ds Jatiang 1 unit rumah roboh dan 14 rumah rusak sedang, di Ds Subo 2 unit rumah roboh, di Ds Sumber Pinang 5 Rumah rusak sedang, di Ds Kertosari 4 Rumah roboh dan 30 rumah rusak sedang, kerusakan lain 1 unit gudang tembakau di Ds Pakusari roboh.

Korban jiwa 1 orang meninggal dunia atas nama Bu Mutiali 55 tahun warga Ds Pakusari,  5 orang luka berat dan 10 orang luka ringan, korban luka berat dievakuasi ke RSUD dr Soebandi Jember sedangkan korban luka ringan di larikan ke Puskesmas Pakusari.

Usai menerima laporan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto langsung memerintahkan seluruh jajarannya untuk mengirimkan personelnya untuk melaksanakan karya bakti membantu penanganan lanjutan utamanya terhadap rumah-rumah korban yang tertimpa bencana tersebut pada Jumat, 06/12/2017 pukul 07.00 Wib langsung kumpul di Balai Desa Pakusari.

Letkol Inf Rudianto langsung turun kelapangan memimpin langsung jalannya karya bakti yang dengan pasukan dari Kodim 0824 kekuatan 60 orang, Yon Armed 8/105 Tarik 30 orang dan dari Yonif Raider 509/9/2 Kostrad 30 orang, Satpol PP Kab Jember 30 orang dan dari Polres Jember 30 orang, dari seluruh jumlah personel tersebut dibagi menjadi 3 titik untuk menangani kawasan terparah bersama relawan BPBD dan masyarakat setempat.

Usai mengantarkan pemakaman korban meninggal Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Rudianto kepada awak media dalam wawancaranya menyampaikan bahwa TNI bersama unsur terkait mengadakan penanganan tanggap darurat ini sampai selesai, saat ditanyakan kedala yang dihadapi Rudianto menegaskan bahwa berkat kerjasama semua pihak baik TNI, Camat, BPBD, Dinas Sosial dan lain-lain sementara kendala yang ada dapat kita atasi.

Terkait dengan pasukan yang diterjunkan Rudianto menyampaikan bahwa kita turun dengan kekuatan 2 SST dari Kodim 0824, 1 SST dari Yonif Raider  509/9/2 Kostrad, 1 SST dari Yon Armed 8/105 Tarik, Basarnas, BPBD, Polres, Satpol PP, relawan serta masyarakat dan pada kesempatan tersebut Rudianto berharap semua piha turut beramal dan membantu saudara kita yang terkena musibah bencana ini.

Camat Pakusari yang baru sehari kemarin sebelumnya menjabat Ka Satpol PP Pemkab Jember Drs Suryadi menegaskan bahwa sejak kemarin dirinya sudah turun ke lapangan untuk mengevakuasi korban kerumah saudaranya ataupun tetangga, kemudian dari hasil koordinasi dengan BPBD dan Dinas Sosial untuk warga masyarakat sudah diberikan bantuan makanan cepat saji.

Untuk korban yang luka berat dan luka ringan saat ini sudah kembali kerumahnya dan kondisinya membaik, targetnya untuk mengadakan penanganan ini hingga selesai dan secepat mungkin, dan untuk rumah yang roboh akan deberikan bantuan tenda dan kebutuhan makannya akan kita suplay, terkait dengan anggaran terhadap rekontruksi sementara dirinya akan menggerakkan anggaran swadaya, bantuan dari masyarakat lain yang mampu serta dari pemerintah daerah. (sis24)



 


Hak Jawab / Hak Koreksi:
call / SMS / WhatsApps:
082233590005 / 081357848782
Email: tribunusantara@gmail.com

PASURUAN

[Pasuruan][fbig1][#e74c3c]

Nasional

[Nasional][fbig1][#e74c3c]
Diberdayakan oleh Blogger.