Pasuruan, tribunus-antara.com - Banjir terus melanda wilayah Kota dan Kabupaten Pasuruan. Hingga pukul 22.27 malam ini, banjir menggenangi rumah penduduk di Kelurahan Karangketug dan Karangasem, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan. Sampai malam ini  air belum surut. Besarnya air ini diperparah oleh kondisi laut pasang. Ketinggian air mencapai 70 cm. Sedang di Desa Karangasem, yang posisi kampung berada di bawah air Sungai Welang yang ada di Kecamatan Kraton, ketinggian air mencapai 1 meter lebih. Sementara banjir yang terjadi di Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, sampai pukul 22.30, air makin membesar.

Di Kecamatan Grati terjadi di Desa Kedawung Kulon, Desa Kedawung Wetan, Desa Sumberagung, Ketinggian air yang menggenangi rumah warga mencapai 20 cm - 60 cm. Beruntung Sungai Grati hingga kini tidak sampai peres. Terjadi banjir di Kecamatan Grati dan sekitarnya disebabkan air kiriman dari kawasan atas. Yaitu, kawasan Kecamatan Lumbang, Puspo, dan Tutur serta Kecamatan Tosari. Hujan di wilayah atas diperkirakan mulai pukul 17.00. Sampai berita ini diturunkan hujan masih terus berlangsung. Oleh karenanya, warga diminta untuk selalu waspada.

Kawasan banjir di Kecamatan Grati sebagai berikut :

a) Ds. Kedawungkulon.
- Dsn. Kebruan ketinggian air 40-60 Cm
- Dsn. Joyomulyo ketinggian air 30-40 cm
- Dsn. Adirogo ketinggian air 30-50 cm

b) Ds. Kedawungwetan.
- Dsn. Kajarkuning ketinggian 30-50 cm
- Dsn. Krawan ketinggian air 40-60 cm
- Dsn. Buntalan ketinggian air 20-35 cm

c) Ds. Sumberagung.
- Dsn. Pangkrengan ketinggian air 20-30 cm
- Dsn. Semambung ketinggian air 15-20 cm

Air-air sampai sekarang masih menggenangi jalan desa dan jalan-jalan di gang-gang. Dampak banjir ini tidak ada warga yang mengungsi. Iptu Jayadi, Kanit Laka Lantas Sat Lantas Polres Pasuruan Kota, menghimbau kepada para pengguna jalan jalur Probolinggo - Pasuruan diminta untuk waspada. Jika memang jalan tidak dapat dilalui, Jayadi minta para sopir berhenti dulu dan jangan memaksakan diri untuk menerjang banjir. Kata Jayadi, supaya para pengguna jalan harus memikirkan keselamatan dirinya. Untuk kendaaraan dari arah Surabaya - Probolinggo supaya mengambil jalur alternatif, yaitu di pertigaan Desa Semambung, Kecamatan Grati ke selatan lalu tembus ke pertigaan simpang tiga Desa Sedarum, Kecamatan Nguling. Atau bisa juga langsung ke timur menuju ke perempatan Pasar Nguling, Kabupaten Pasuruan. (kadir/joko)


Hak Jawab / Hak Koreksi:
call / SMS / WhatsApps:
082233590005 / 081357848782
Email: tribunusantara@gmail.com

PASURUAN

[Pasuruan][fbig1][#e74c3c]

Nasional

[Nasional][fbig1][#e74c3c]
Diberdayakan oleh Blogger.