Pasuruan, tribunus-antara.com  -  Kabupaten Pasuruan diam-diam ternyata memiliki wisata alam yang eksotik. Dan indahnya tidak kalah dengan daerah lainnya, seperti Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Lumajang. Ialah wisata hutan pinus. Lokasinya ada di hutan pinus kawasan Angrowisata Desa Tutur alias Nongkojajar. Tidak saja keindahannya yang dapat dinikmati, tapi hutan pinus ini bisa menjadi andalan untuk dijadikan Preweding. Selain wisata Gunung Penanjakan Bromo, hutan pinus ini akan menjadi primoda destinasi wisata.

Ada yang disayangkan, wisata ini tidak tertangani serius oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan. Selain wisata ini, Kabupaten Pasuruan sebenarnya memiliki potensi wilayah yang sangat menarik dan lebih bagus dibanding dengan daerah lainnya. Bahkan kalau ditangani dengan serius, wisata yang dimiliki tidak kalah dengan wisata Batu, Malang. Contohnya, wisata agrowisata petik apel di kebun apel, petik buah durian, paprika, bunga krisan, bunga sedap malam, bunga mawar, bunga melati dan lainnya. Di wisatawan manca negara sebenarnya wisata Kabupaten Pasuruan sudah dikenal cukup luas di beberapa negara.

Bupati yang datang langsung ke hutan pinus bersama rombongan wartawan, menyatakan kalau hutan pinus ini akan dijadikan wisata andalan selain Gunung Bromo. Dikatakan Bupati, wisata di Kecamatan Nongkojajar akan dijadikan penyanggah wisata lainnya yang sebelumnya sudah ada. Seperti wisata Gunung Penanjakan, Taman Safari Indonesia dan lainnya. Maka itu, pungkas Bupati, pengelolaan hutan pinus ini harus dilakukan secara serius dan dikelola dengan pola yang benar. Luas hutan ini sekitar 5 hektar. (kadir)


Posting Komentar