TRIBUNUS-ANTARA.COM | PASURUAN, Latihan menembak yang diselenggarakan Perbakin bekerja sama dengan Koramil Kota Pasuruan Jumat 03/02 dilangsungkan di GOR Gelora Olah Raga Untung Surapati Pasuruan. Latihan yang diikuti  oleh 40 peserta dari SMP dan SMU di seluruh Kota Pasuruan dibawah pembinaan dari Danramil Kota Kapten Indar dan Serda Dirno. Masing--masing peserta menggunakan senapan angin Sharp Inova kaliber 4,5 mm dengan jarak jangkau efektif 17 meter.

Kapten Indar sebagai Pembina Komite  Perbakin Kota Pasuruan mnjelaskan kepada tribunus-antara.com bahwa tujuan dari diselenggarakan latihan menembak tingkat Sekolah lanjutan dan Menengah ini adalah untuk menjaring Atlit Menembak. Atlit ini akan diuji kemampuannya  dalam Lomba menembak yang akan dilaksanakan Perbakin di Kota Malang bulan depan.

Pelatih Serda Dirno dalam arahannya kepada peserta mengatakan bahwa  Selalu perlakukan senapan seolah-olah dalam keadaan terisi. Pakailah selalu pelindung telinga dan mata ketika menembak. Tetap pasang kunci pengamannya sampai senapannya dalam posisi menembak. Jangan pernah meletakkan jari di pelatuk sebelum Anda siap menembak. Ketika Anda tidak dalam posisi menembak, jagalah agar larasnya tetap mengarah ke atas atau lurus ke arah tanah, jangan pernah mengarahkan senapan ke tubuh Anda sendiri atau orang lain dan anggaplah bahwa senapannya selalu terisi. Sebelum Anda mencoba membidik, mengisi atau menembakkan senapan, belajarlah untuk menghargai senapan dan kegunaannya yaitu: alat yang berbahaya dan ampuh.

Ditambahkan Kapten Indar, Senapan setiap saat harus dipegang dengan tangan yang tidak digunakan untuk menembak pada bagian tengah telapak tangan, kurang lebih di tengah-tengah pegangan senapan. Pegang dengan kuat menggunakan "V" yang dibentuk oleh ibu jari dan telunjuk. Genggam pegangan senapan dengan tangan yang digunakan untuk menembak (tangan yang digunakan untuk menulis) pada pegangan di belakang pelatuk. Genggam senapan dengan aman tetapi lembut, seperti ketika Anda berjabat tangan ringan.

Lebih lanjut dijelaskan Tarik sedikit senapannya ke arah bahu, dengan tangan berada di posisi yang sama, tetapi senapannya diarahkan ke atas. Tarik bagian popor senapan dengan kuat ke arah bahu. Tidak menempatkan senapan dengan erat di bahu akan membuat "tendangannya" lebih menyakitkan ketika Anda menembakkannya. Posisi yang erat di bahu memungkinkan tubuh Anda menyerap tendangannya, dan jika tidak erat, senapan akan mental ke bahu Anda.

Kaki Anda harus selebar bahu, lutut agak tertekuk , dengan tubuh miring sekitar 40 derajat ke arah sasaran pada saat posisi tangan menembak. Jangan menempelkan jari pada pelatuk, tetapi peganglah gagang senapan di belakang pelatuk dengan jari Anda yang lain.
Tempelkan pipi Anda di gagang senapan. Untuk membidik dengan baik, Anda harus mengembangkan kemampuan yang diberi nama "penempelan pipi pada gagang," yang berarti Anda harus membuat mata Anda sejajar dengan arah bidikan senapan dengan menjaga agar pipi tetap menempel erat pada gagang senapan. 
Ketika popor senapan ditarik ke dalam kantong yang dibuat oleh bahu Anda dengan otot dada, biarkan kepala Anda bersandar di atasnya dengan membuat leher Anda tetap rileks.
Jika senapan memiliki aperture sight (teropong untuk membidik) sekitar setengah dari larasnya, sejajarkan senapannya sehingga titik bidik di dekat ujung laras senapan sejajar dengan aperture. Berlatihlah untuk menempatkan pipi Anda di titik yang sama pada senapan dan sejajarkan titik pandang secepat dan senyaman mungkin.

Materi arahan yang diberikan kepada para peserta wajib dilaksanakan agar kelak akan benar-benar mampu menjadi atlit  menembak yang bisa diandalkan. Tentunya hal tidak intant kata Kapten Indar, Namun harus melalui latihan-latihan yang terus menerus, tepat dan terarah. Harapan saya Kota Pasuruan nantinya akan memiliki atlit menembak yang bisa dibanggakan, tutup Kapten Indar. (nurhasan)


Hak Jawab / Hak Koreksi:
call / SMS / WhatsApps:
082233590005 / 081357848782
Email: tribunusantara@gmail.com

PASURUAN

[Pasuruan][fbig1][#e74c3c]

Nasional

[Nasional][fbig1][#e74c3c]
Diberdayakan oleh Blogger.