Tribunus-antara.com, Salah satu obyek wisata yang sangat menarik di Kota Kediri adalah Goa Selomangleng. Goa Selomangleng terletak dikaki gunung Klotok yang hanya sekitar 3,5 KM dari pusat kota kediri. Nama Goa Selomangleng sendiri diambil dari selo yang berarti Batu sedang Mangleng berarti Miring, jadi Selomangleng berarti Batu yang terletak miring dari permukaan tanah.

Daya tarik Goa Selomangleng berasal dari keunikan adalah adanya Bongkahan batu yang seolah berserakan dan diantara batu tersebut ada yang dipahat,dan di bagian luar goa ada berbagai relief yang menghiasi. suasana akan gelap gulita bila pengunjung memasuki area goa dan juga pengunjung akan mencium aroma dupa yang cukup menyengat. Goa Selomangleng menyimpan nilai sejarah yang tinggi sebagai situs peninggalan kerajaan Airlangga dengan kisah Putri Kili Suci yang melegenda.

Pemda Kediri membangun Musium Airlangga di sekitar Kawasan wisata Goa Selomangleng, di mana banyak tersimpan peninggalan Kerajaan Kahuripan Jaman Airlangga dan Kerajaan Kaddiri. Cerita Asal Usul Goa Selomangleng merupakan tempat pertapaan Dewi Kilisuci putri Mahkota Raja Airlangga, konon di Goa ini putri Kilisuci menghabiskan sisa umurnya untuk bertapa agar rakyat Kediri terhindar dari marabahaya, Dewi Kilisuci rela menghabiskan sisa umurnya, menjauhi kesenangan duniawi, menjalani hidup dengan tidak menikah demi kesejahteraan masyarakat Kediri.

Kawasan Objek wisata Goa Selomangleng sebagai kawasan wisata keluarga, terdapat ada fasilitas Kolam pemandian, pengunjung akan dikenai tarif hanya 4000 saja untuk bisa masuk. Selain dewasa kolam renang tersebut juga menyediakan khusus untuk anak-anak.

Tiket masuk Goa Selomangleng yaitu sebesar Rp.4000 untuk satu orang dewasa dan Rp 2500 untuk anak anak. menurut pengunjung Goa Selomangleng sebenarnya dulu untuk masuk ke Lokasi Kawasan wisata tidak di pungut biaya alias gratis, tapi saat kami mengunjungi objek wisata tersebut,kami diharuskan membayar tiket masuk.

Untuk bisa menuju kawasan objek wisata ini dari pusat kota Kediri anda harus menuju kearah Barat. Setelah melewati Jembatan Sungai Brantas lurus sampai ke Terminal Kediri belok kanan. Saat anda sudah sampai di perempatan Sukorame, anda belok kiri lalulurus. 2 km kemudian anda sudah berada di lokasi Goa Selomangkleng. (hariono)


Hak Jawab / Hak Koreksi:
call / SMS / WhatsApps:
082233590005 / 081357848782
Email: tribunusantara@gmail.com

PASURUAN

[Pasuruan][fbig1][#e74c3c]

Nasional

[Nasional][fbig1][#e74c3c]
Diberdayakan oleh Blogger.