Pasuruan | tribunus-antara.com,  Warga RW 01 Dusun Tunon Kelrahan  Grati Tunon beramai-ramai laksanakan kerja bakti,  Minggu 19/03. Kerja bakti spontan ini dilakukan karena warga menjumpai adanya salah satu saluran air yang mampet alias aliran air tidak jalan. Nampak warga setempat baik tua maupun  muda berkumpul dengan membawa peralatan yang diperlukan.

Sekitar pukul 09.30 telah ditemukan penyebab dari tersumbatnya saluran air di  Kelurahan Grati Tunon. Gorong-gorong di depan rumah warga tersumbat oleh sampah berupa dedauan yang ikut terseret akibat banjir beberapa waktu lalu. Kontan warga langsung menarik sampah dan membersihkan tumpukan sampah dari dedaunan yang menyumbat saluran air. Arus air yang tersumbat yang seharusnya menuju ke sungai, namun akhirnya menggenangi rumah warga.

"Kami sepakat untuk melakukan respon cepat, mengingat banjir beberapa waktu lalu telah menyerang wilayah Pasuruan terutama Kecamatan Grati. sesuai intruksi dan himbauan bapak  Lurah, Kami melakukan upaya pencegahan banjir. Salah satunya adalah kegiatan warga  pagi ini." tutur  Solikin ketua RT.II.

Penyebab tersumbatnya arus saluran air/got terjadi pada bak kontrol (bak penampungan) yang di atasnya berdiri warung. Sudah hampir 10 tahun ini kami warga kesulitan untuk membersihkan bak kontrol dibawah bangunan warung  tersebut. Solikin menambahkan bahwa pihak kelurahan saat ini telah mengajukan pengajuan bantuan pembuatan drainase sebagai solusi untuk mencegah banjir dan genangan air akibat tersumbatnya saluran pembuangan.  (joko  wijanarko)




Hak Jawab / Hak Koreksi:
call / SMS / WhatsApps:
082233590005 / 081357848782
Email: tribunusantara@gmail.com

PASURUAN

[Pasuruan][fbig1][#e74c3c]

Nasional

[Nasional][fbig1][#e74c3c]
Diberdayakan oleh Blogger.