Pasuruan | Tribunus-antara.com, Jawa Timur memang tempat yang menarik untuk dikunjungi dan terutama terdapat banyak objek wisata menawan yang salah satunya berasal dari Pemandian Alam Banyu Biru.

 Di sini juga ada banyak fasilitas kolam renang yang tidak kalah menariknya.

Salah satu pemandian alam yang berada di Jawa Timur adalah Pemandian alam Banyu Biru. Pemandian yang konon peninggalan kerajaan Kahuripan Raja Airlangga ini bertempat di Desa Sumberejo kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan Provinsi Jawa Timur (Sumber : Pemerintah Kabupaten Pasuruan – Pemandian Alam Banyu Biru).

Objek wisata milik pemerintah daerah ini memiliki keunikannya sendiri karena bukan pemandian atau kolam renang buatan, melainkan terdapat sumber mata air berwarna biru jernih.  Peninggalan  atau prasasti Kerajaan jaman dulu kala. Banyu Biru selain asri dan alami juga memiliki nilai sejarah yang tinggi  dengan ikan-ikan jenis Tombro. Karena airnya yang jernih dan biru maka banyak orang akhirnya menyebut wilayah tersebut dengan Banyu Biru.

Sebelum disebut dengan nama Banyu Biru, dulu wisata alam Banyu Biru Pasuruan ini dinamakan Telaga Wilis. Terdapat 4 kolam renang yang cukup besar di tempat ini. 2 kolam pertama adalah kolam dengan sumber mata air asli dari alam sedangkan 2 kolam terakhir merupakan kolam renang buatan. Debit mata air yang cukup besar sanggup untuk mengisi 2 kolam renang tersebut. Para pengunjung yang datang pun beragam, mulai dari remaja, keluarga, hingga atlit renang, TNI dan bahkan Tim SAR menggunakan wisata pemandian alam Banyu Biru sebagai tempat latihan.

Di objek wisata ini terdapat suatu kepercayaan para penduduk lokal yaitu siapa saja yang mandi di sumber mata airnya akan awet muda. Dari terminal Kota Pasuruan tersedia kendaraan umum menuju Obyek wisata banyu Biru, bila menggunnakan kendaraan umum kita bisa lewat jalur utara yaitu Pertigaan Pasar Ngopak kemudian lurus ke selatan hanya sekitar 5 km saja sudah sampai  di Lokasi.

Sedangkan penginjung dari Kota Malang setelah sampai di perempatan Pasar Warung Dowo, belok kanan lurus ke arah Timur sejauh 8 km.  Setelah sampai di Pasar Winongan, lurus saja ke arah  Timur hingga sampai di pertigaan Winongan. Di sana ada tanda penunjuk arah ke Pemandian alam Banyu Biru dan perjalanan anda hanya 2 km saja, anda sudah sampai di Banyu Biru. (nur/joko)

Posting Komentar