Pasuruan | tribunus.antara.com, Istri Bupati Pasuruan Lulis Irsyad yusuf Kamis 16/03 pagi pukul 08.00 beserta jajaran Muspika Kecamatan Nguling melaksanakan penanaman 10.000 pohon mangrove di desa Panunggul Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan. Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolsek Nguling, Danramil Nguling dan Kecamatan.

Acara pagi itu Lulis Irsyad Yusuf turun menyusuri bibir pantai menanam pohon mangrove. Mangrove, kata Ibu Bupati Irsyad Yusuf, sudah tidak asing bagi warga Pasuruan khususnya di pesisiran Pantai utara Jawa Pasuruan. Hutan mangrove, merupakan tipe hutan khas tropika yang tumbuh di sepanjang pantai atau muara sungai. Kehidupan tumbuhan ini sangat dipengaruhi oleh suplai air tawar dan salinitas, pasokan nutrien dan stabilitas substrat. Hutan wisata mangrove banyak ditemukan di pantai yang landai dengan muara sungai yang berlumpur dengan kondisi perairan tenang dan terlindung dari ombak.

Masih kata Lulis Irsyad Yusuf kepada tribunus-antara.com bahwa ekositem mangrove, pohon-pohon yang tumbuh umumnya berdaun tebal dan mengkilat karena adaptasi evapotranspirasi. Komposisi ekosistem mangrove biasanya terdiri atas asosiasi beberapa jenis tanaman yang khas sejak mulai dari pantai, yakni berturut Avicennia ( api-api ) seperti A. marina atau A. alba serta Sonneratia ( perepat ), disusul formasi Rhizophoraceae ( bakau ) dan kemudian dibelakangnya  Bruguiera spp yang hidup pada daerah peralihan antara mangrove dengan rawa.


Acara penanaman 10.000 pohon untuk Wisata hutan Mangrove pagi itu bekerja sama dengan .MS CORPORATE  SOCIAL RESPONSIBILITY PT MATAHARI SAKTI, FED&PET FOD MANUFACTURER. Antusiasme warga sekitar turut serta membantu melakukan penanaman menambah semaraknya acara tersebut. Kepedulian warga desa Panunggul akan pelestarian Lingkungan hidup sudah terbukti dengan dikenalnya wilayah Panunggul sebagai desa pemenang Kalpataru dalam hal Lingkungan Hidup tahun 2015 lalu. Wisata hutan Mangove desa Panunggul akan bisa terlaksana berkat kepedulian warga desanya.  (jokowijanarko)


Hak Jawab / Hak Koreksi:
call / SMS / WhatsApps:
082233590005 / 081357848782
Email: tribunusantara@gmail.com

PASURUAN

[Pasuruan][fbig1][#e74c3c]

Nasional

[Nasional][fbig1][#e74c3c]
Diberdayakan oleh Blogger.