Pasuruan | Tribunusantara.com, Pelabuhan Pasuruan Kota, Senin (13/3/2017), mengalami suasana yang berbeda. Kapal yang kotor, kumuh, serta tidak terawat dan biasa digunakan nelayan untuk mencari ikan ke tengah laut, berubah menjadi kapal yang cantik, penuh dengan hiasan di seluruh badan kapal. Kapal hias ini siap membawa masyarakat Kelurahan Ngemplakrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan dan sekitarnya, menuju tengah laut untuk merayakan acara petik Laut.

Acara tahunan ini bagian dari rangkaian Hari Jadi Kota Pasuruan ke 331. Dalam acara ini dihadiri Kapolres Polresta Pasuruan AKBP RIZAL MARTOMO, S.I.K. Ratusan anggota jajaran dan anggota Polsek Bugul Kidul ikut serta menyemarakkannya. Acara dimulai pukul 08.00 WIB, warga telah menaiki kapal yang bersandar di dermaga Pelabuhan Kota Pasuruan. Jumlah kapal/perahu yang memeriahkan petik laut kurang lebih 80 unit kapal.

Setiap kapal mendapat pengawalan dari anggota Polresta Pasuruan beserta jajaran polsek. Kemudian 80 kapal tersebut menuju ke tengah laut untuk menebar sesajen/persembahan dalam bentuk makanan bertujuan sebagai rasa syukur atas sumber daya laut selama setahun dan membuang sial para nelayan saat mencari ikan. Pukul 12.00 WIB, kapal sudah kembali ke dermaga dan acara selesai dengan aman. "Alhamdulillah acara selesai dengan aman dan lancar," kata Kapolresta AKBP Rizal Martomo. (kadir zaelani)

Posting Komentar