Pasuruan |  tribunusantara.com, Bertempat di Kantor Desa Ngabar, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Selasa (21/3/2017) telah dilaksanakan rapat koordinasi antara Muspika, Dishub, perwakilan warga dan penambang. Intnya, musyawarah membahas masalah rusaknya jalan akibat dilintasi dump truk pengakut batu dan sirtu yang melebihi tonase. Tidak saja aspal jalan, jembatan pun rusak karena dampak tersebut. Jalur yang terdampak, yaitu Tambakrejo - ngabar dan Warungdowo - Sidogiri.

Yang sangat disesalkan warga, sampai sekarang dump truk atau kendaraan lainnya yang bertonase di atas kelas III masih saja melintasi jalur tersebut. Padahal Dishub Kabupaten Pasuruan sudah memasang rambu-rambu tersebut. Oleh karenanya warga minta kepada petugas Sat Lantas Polres Pasuruan Kota supaya setiap hari melakukan penertiban dengan operasi lalin. Jika tidak, maka patut dipertanyakan, kenapa Sat Lantas Polres Pasuruan Kota tidak berani meng-operasi kendaraan yang melanggar tonase itu.

Sesuai hasil rapat, langkah sementara yang akan dilakukan oleh Dishub bersama aparat Muspika adalah memasang portal dalam bentuk tong besar yang diisi dengan semen. Tong semen ini nantinya akan dipasang di jalan yang telah terpasang rambu kelas III. Tujuannya, agar kendaraan besar tidak bisa melintas. Ada 4 titik yang akan dipasangi portal tong ini. Masing-masing, Simpang 4 Gembyang, simpang 4 Warungdowo, simpang 3 Areng-areng (Kecamatan Wonorejo), dan simpang 3 Sidogiri.

"Hasil kesepakatan bersama, portal tong ini akan dipasang per 1 April mendatang. Sebelumnya akan dilakukan sosialisasi ke masyarakat dan para pengusaha tambang," jelas Kapolsek Kraton AKP Masroni, SH, MH. Kata Masroni mantan Kabag Hukum Polres Pasuruan Kota, mengajak kepada masyarakat untuk sama-sama melakukan pengawasan. Bagi para pengusaha tambang, Masroni minta supaya ikut memberikan arahan kepada para sopir untuk selalu mentaati peraturan lalu lintas tidak ngawur di jalanan demi keselamatan bersama.

wartawan : kadir zaelani
editor       : nugroho tatag  





Hak Jawab / Hak Koreksi:
call / SMS / WhatsApps:
082233590005 / 081357848782
Email: tribunusantara@gmail.com

PASURUAN

[Pasuruan][fbig1][#e74c3c]

Nasional

[Nasional][fbig1][#e74c3c]
Diberdayakan oleh Blogger.