PASURUAN - Untuk mencegah dan memberi pemahaman tentang HIV dan AIDS di Kel. Karangketug Jumat 28/04 jam 09.00 Wib mengadakan sosialisasi HIV dan AIDS kepada ibu-ibu PKK kel.Karang Ketug. Hadir dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Aiptu Ach.Ishari selaku pembina keamanan dan ketertiban masyarakat.

Petugas Puskesmas Karangketug menjelaskan baahwa Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) adalah orang terkena atau terjangkit virus HIV/ AIDS. Virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) yaitu virus yang melemahkan sistem kekebalan pada tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik dan mudah terkena tumor.

HIV dan virus-virus sejenisnya umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara lapisan kulit dalam (membran mukosa) atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, cairan preseminal, dan air susu ibu.

Bhabinkamtibmas Kel. Karangketug Aiptu Ach.Ishari menambahkan himbauan-himbauan tentang kamtibmas. Apabila ada disekitar kita orang yang mengidap HIV/Aids agar jangan dikucilkan. Tetap dirangkul agar orang tersebut merasa tidak sendirian dan putus asa. Kepedulian terhadap orang yang terkena HIV/AIDS  tanpa diskriminasi dapat menjadi langkah awal dan gerakan perbaikan masyarakat untuk menghambat dan menangulangi penyebaran HIV/AIDS di masyarakat. (t)

Posting Komentar

  1. itu sosialisasi hiv /aids di kelurahan karang ketug tanggal 28 april 2017 yang menyelenggarakan KPA ( komisi penanggulangan aids ) kota pasuruan.dan yang melakukan kegiatan staf KPA Kota pasuruan bukan dari PUSKESMAS.

    BalasHapus