JEMBER - Upaya dalam mewujudkan program ketahanan pangan yang dicanangkan sejak tahun 2015 antara TNI dengan Departemen Pertanian RI memang membawa dampak yang cukup fenomenal yaitu dengan terwujudnya swa sembada pangan utamanya beras untuk kebutuhan dalam negeri bahkan Indonesia sudah bisa mengeskpor beras ke negara tetangga.

Memang sangat ironis apabila negara kita yang dikenal dengan negara agraris sampai mengimport beras darui luar negeri, untuk itu dengan pelibatan TNI dalam hal ini Babinsa untuk mendampingi petani di desa-desa dalam meningkatkan produksi pertaniannya benar-benar memberikan dampak yang signifikan selama 2 tahun ini produksi pangan kita.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto saat melaksanakan dialog interaktif di Stasiun Radio RRI Pro 1 Jember pada Senin 17/04/2017 Pukul 08.00 Wib menyampaikan ucapan terima kasih kepada Koramil dan Babinsa Jajarannya karena pendampingan yang dilaksanakan benar-benar dilaksanakan dengan baik bahkan pada penyerapan gabah hingga mampu mencapai 123 % dibulan ke 4 Tahun 2017 ini.

Angka 123 % tersebut merupakan rilis dari Departemen Pertanian per 14/04/2017 untuk tengah tahun 2017 dari target tahunan sebesar 75 ribu ton setara gabah mestinya pertengahan tahun ini kita harus mencapai 37,5 ribu ton setara gabah tetapi kita mempu menyerap lebih dari target tersebut.

Untuk itu Letkol Inf Rudianto sangat berterima kasih kepada para petani di Kab.  Jember yang sangat mendukung program-program ketahanan pangan, untuk luas tambah tanam memang agak terkendala dengan kultur masyarakat sehingga mekanisasi pertanian masih belum berjalan dengan mulus, namun kedepan saya optimis petani akan mau menggunakan alat mesin pertanian karena disamping hemat biaya juga efektif waktu utamanya saat mengolah hingga menanami lahan.

Dialog interaktif di Pro-1 RRI Jember tersebut cukup mendapatkan tanggapan positif dari para petani salah satunya dari ketua HKTI Jember Bpk Jumantoro yang menyampaikan apresiasinya atas kerja keras Kodim 0824 Jember sehingga mampu menyerap gabah hingga melebihi target, saya sangat salut sekali. Kata Jumantoro.  (t)

Posting Komentar