Empat Danau di Indonesia yang Airnya Berwarna Warni - Indonesia sudah sangat terkenal dengan keindahan yang dimilikinya tak terkecuali danau. Indonesia memilki banyak sekali danau yang tersebar di seluruh penjuru nusantara dari sabang hingga merauke. Danau yang ada di Indonesia tidak hanya indah akan tetapi juga memiliki banyak keunikan, mulai dari legenda tergentuknya danau itu sendiri hingga warna dari air danau yang berbeda dengan danau pada umumnya. Bagi anda yang penasaran dengan warna danau yang unik-unik dan memiliki warna yang berbeda-beda tersebut, berikut vevnews memberikan beritanya.

1. Telaga Warna Dieng
Danau yang pertama adalah telaga warna. Danau atau telaga yang terletak di kaki gunung ini mempunyai keunikan dimana airnya dapat berganti warna. Air di telaga warna ini biasanya berubah warna menjadi biru muda, toska, biru tua, hijau hingga berwarna kuning. Danau yang terletak di daerah Dieng Jawa Tengah ini dapat berubah warna karena diakibatkan oleh kadar belerang yang ada disana. Karena itulah, air di telaga ini tidak dapat digunakan untuk berenang. Jadi bagi sobat yang ingin datang untuk berlibur kesini, sobat bisa menikmati pemandangan sambil berjalan santai di sekitar telaga. Atau bisa juga berfoto di beberapa spot yang cukup cantik karena memilikimlatar berupa pegunungan dan juga pepohonan cantik.

2. Telaga Biru Papua
Dari daerah Dieng Jawa Tengah kita menuju ke timur Indonesia yang memang sangat terkenal dengan keindahan alamnya. Di sebuah tempat yang namanya distrik Maima, Jayawijaya, Papua ada sebuah danau atau telaga yang sangat canti yang bernama Telaga Biru. Walaupun namanya telaga biru, namun air yang berada pada telaga tersebut tidak sepenuhnya biru melainkan berwarna hijau toska yang jernih dan tenang. Danau ini juga memiliki keunikan dari sisi legendanya, konon dari dasar telaga inilah Honai (rumah adatnkhas Papua) muncul. Dan ada juga legenda lain yang menyebutkan kalau dari telaga biru inilah orang Papua pertama hadir. Untuk itulah danau telaga biru ini dianggap suci oleh penduduk setempat dan tidak ada orang yang boleh berenang disini. Hal tersebut tentunya membawa keuntungan tersendiri yang mana membuat telaga biru tetap terjaga keindahannya tanpa tersentuh tangan-tangan manusia.

3. Danau Pagaralam
Setelah menikmati keindahan Papua kini kita beralih ke Propinsi Bengkulu. Tepatnya di perbukitan Raje Mandre, di perbatasan antar kota Pagaralam dan Kaur, Popinsi Bengkulu terdapat sevuah danau yang sangat unik, bila biasanya sebuah danau memiliki warna yang jernih, hijau atau biru maka di danau Pagaralam ini memiliki warna yang jauh berebda yaitu berwarna merah darah. Danau seluas 6 hektar ini baru ditemukan pada tahun 2010 oleh masyarakat sekitar dan sempat membuat heboh karena warnanya yang tidak biasa tersebut.

Beberapa keunikan lainya yang dimiliki oleh Danau Pagaralam ini adalah walaupun warnanya berwarna merah darah, akan tetapi jika airnya di ambil dengan wadah maupun tangan maka airnya berarna jernih seperti warna air pada umumnya. Menurut warga yang tinggal di sekitar danau tersebut, pada malam hari di lokasi sekitar danau sering tercium aroma pandan. Hal unik lainya dari danau ini adalah keberadaan satwa yang tinggal di sekitar danau tersebut yang mana pernah ditemukan kelabang raksasa yang memiliki lebar 30cm dan panjang 50cm, ada juga kerbau yang terdapat sarang lebah di dalam telinganya, dan juga beberapa burung terlihat memiliki ukuran yang lebih besar dengan penampakan yang tak lazim, namun hewan-hewan tersebut tampak sangat jinak.

Di sekitar danau juga terdapat banyak sisa-sisa bangunan yang diyakini sebagai sisa-sisa dari sebuah kerajaan di masa lampau. Hingga saat ini pun masih dilakukan penelitian mengenai hal tersebut. Jadi bagi sobat vevnews yang senang berpetualang dan juga senang akan hal-hal yang berbau mistis sepertinya danau pagar alam ini sangat cocok untuk anda kunjungi karena untuk menuju danau tersebut sobat harus terlebih dahulu berjalan cukup jauh melewati hutan.

4. Danau Kelimutu
Kali ini kita beralih ke Nusa Tenggara, Taman Nasional Kelimutu merupakan taman nasional terkecil di antara enam taman nasional lainya yang ada di Bali dan Nusa Tenggara. Danau Kelimutu terletak di puncak gunung Kelimutu yang memiliki tiga buah danau dengan warna yang berbeda-beda dan ketiga danau tersebut yang dikenal dengan danau Kelimutu. Setiap danau memiliki warna yang berbeda-beda dan juga tentunya memilik arti yang berbeda-beda juga. Menurut kepercayaan warga setempat ketiga danau tersebut merupakan tempat persemayaman roh-roh yang dan juga memiliki kekuatan alam yang sangat dasyat. Yang membuat danau Kelimutu berbeda dengan danau yang lainya adalah jika beberapa danau warna di berbagai belahan dunia lain dapat diprediksi perubahan warnanya, di danau Kelimutu sendiri perubahan warna yang terjadi tidak dapat diprediksi. Terkadang warnanya bisa mnejadi biru, hijau dan hitam dan pada lain waktu dapat berwarna putih.

Menurut penelitian yang dilakukan secara ilmiah, perubahan yang terjadi pada danau Kelimutu karena akibat faktor kandungan mineral, lumut dan batu-batuan di dalam kawah dan juga pengaruh cahaya matahari. Para ilmuan meyakini bahwa danau Kelimutu ini terbentuk dari erupsi gunung vulkanik pada zaman purba. Fenomena danau Kelimutu juga telah menarik banyak perhatian para ahli geologi karena keberadaan danau yang memiliki tiga warna yang berbeda namun masih berada pada gunung yang sama.

Gimana pembahasan mengenai danau-danau di Indonesia yang memiliki warna air yang unik dan menarik. Indonesia memang kaya akan keindahan alam yang tentunya harus kita jaga. Jadi kita sebagai orang Indonesia harusnya bangga ya dengan keberadaan danau-danau yang unik tersebut.


Hak Jawab / Hak Koreksi:
call / SMS / WhatsApps:
082233590005 / 081357848782
Email: tribunusantara@gmail.com

PASURUAN

[Pasuruan][fbig1][#e74c3c]

Nasional

[Nasional][fbig1][#e74c3c]
Diberdayakan oleh Blogger.