Pasuruan | tribunus-antara.com,   Ranu Grati kini menjadi danau yang tak indah lagi. Selain kumuh, banyak kotoran sampah berada di danau dan sekita danau. Kotornya Danau Ranu sebagai tempat kunjungan wisata ini dikeluhkan oleh Arjoko (40) warga Lumajang yang berlibur di   Danau Ranu.

Karena nampak kotor pemandangan jadi tidak sedap maka Arjoko dan anak istrinya membatalkan libutrannya di Danau Ranu yang ter;etak di desa ranu klindungan kecamatan grati Kabupaten Pasuruan. Dirinya lalu memutuskan untuk ke Banyu biru kecamatan Winongan

Senada dengan Arjoko, Muhamad Nur warga Probolinggo ini mengeluhkan jalan paving di areal Danau ranu juga banyak yang rusak dan kurang perawatan, seharusnya  sebelum rusak parah, kata M.Nur, pengelola tempat wisata melakukan perbaikan agar tidak semakin rusak. mengingat jumlah wisatawan lokal yang berkunjung cukup banyak. Dikwatirkan dengan banyaknya fasilitas yang rusak dan kurangnya perawatan kebersihan akan menurunkan tujuan kunjungan wisata dari masyarakat. (jo)

Posting Komentar