Narkoba merupakan singkatan dari narkotika dan obat berbahaya. Sebutan lain untuk narkoba adalah napza yang kepanjangannya adalah narkotika, psikotropika dan zat adiktif. Narkoba merupakan senyawa yang dapat membuat penggunanya mengalami kecanduan sehingga terbentuk keinginan untuk terus menerus memakainya.

Obat-obatan atau senyawa tersebut sebenarnya merupakan senyawa yang biasa digunakan untuk membius pasien ketika akan dioperasi di dunia media. Namun di tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab, senyawa-senyawa tersebut disalahgunakan dan banyak digunakan untuk kepetingan yang salah.

Narkoba memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan ketika digunakan dengan cara yang salah. Penggunaan narkoba yang tidak tepat sasaran dapat menjadikan seseorang beresiko terjangkit suatu penyakit hingga banyak pula yang berujung pada kematian. Penggunaan narkoba identik dengan pergaulan bebas yang marak dilakukan akhir-akhir ini.

Menghindari pergaulan bebas tanpa didasari dengan ilmu dan sikap berpegang teguh pada agama yang dianut, akan cukup sulit untuk dilakukan. Untuk itu mulai benahi diri anda supaya menjadi orang yang lebih baik dan terhindar dari pergaulan bebas penyebab konsumsi narkoba. (baca juga: bahaya narkoba)

Perlu diketahui, terutama yang masih berusia remaja, rasa ingin tahu dan ingin coba-coba umumnya mendasari penggunaan narkoba. Selain itu ajakan dari teman juga dapat mendasari penggunaannya. Dalam hal ini, berhati hati dalam memilih teman merupakan hal penting yang harus dilakukan.

Ada banyak sekali dampak buruk narkoba yang dapat anda jadikan sebagai pedoman supaya tidak coba-coba untuk menggunakannya. Beragam dampak buruk narkoba tidak hanya dirasakan secara fisik melainkan juga psikis. Sebagai contoh, seseorang yang ketahuan sebagai pengguna narkoba, akan menjadi perbincangan di masyarakat.

Mereka akan dijauhi serta digunjingkan. Jika sudah demikian, maka rasa tertekan akibat lingkungan membuat seseorang cenderung menutup diri dan merasa dikucilkan. Selain dampak negatif tersebut ada pula dampak negatif narkoba bagi kesehatan seperti:

Gangguan jantung (baca juga: gejala penyakit jantung), gangguan pada otak, gangguan pada hemoprosik, gangguan pada traktur urinarius, gangguan pada paru-paru (baca juga: penyebab infeksi paru-paru), gangguan pada sistem saraf tubuh, gangguan pada tulang (baca juga: bahaya rematik tulang), gangguan pada endorin, gangguan pada kulit (baca juga: macam-macam penyakit kulit), gangguan pada pembuluh darah, beresiko terinfeksi penyakit seperti HIV, hepatitis, herpes dan TBC.


Hak Jawab / Hak Koreksi:
call / SMS / WhatsApps:
082233590005 / 081357848782
Email: tribunusantara@gmail.com

PASURUAN

[Pasuruan][fbig1][#e74c3c]

Nasional

[Nasional][fbig1][#e74c3c]
Diberdayakan oleh Blogger.