Tuban | tribunus-antara.com, Kodim 0811/Tuban membuktikan kemanunggalan TNI bersama rakyat tidak hanya jargon saja. Melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), para prajurit TNI bersama masyarakat dan lintas sektor. Sebagai wujud operasi Bhakti TNI dengan program terpadu.

TMMD ke-98 yang dilakukan Kodim 0811 Tuban merupakan program terpadu antara TNI, Kementerian, Pemda dan kompeten bangsa di daerah. Tema kegiatan ini adalah “Dengan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat kita percepat pembangunan di daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka menjaga keutuhan wilayah NKRI”.

Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf Sarwo Supriyo, Senin (3/4/2017) mengatakan TMMD dilakukan di Desa Sumurjalak, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban. Dipilihnya lokasi itu karena terpencil dan sarana prasarana umum masih kurang baik. “Pemilihan lokasi melalui proses panjang, termasuk survey dan analisa,” katanya.
Kegiatan pembangunan yang dilakukan adalah pembuatan jalan panjang 1.395 m, lebar 2,5 m. Dengan rincian pengaspalan 650 m, makadam 745 m.Kemudian pembuatan tembok penahan tanah dengan panjang 400 meter dan tinggi antara 60 meter sampai 130 meter. Perbaikan bok jembatan ukuran 4 meter X 3 meter, pembuatan gorong-gorong dengan panjang, pembuatan MCK umum 2 unit dan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) 10 unit.

Kemudian kegiatan non fisik adalah penyuluhan agama dan aliran sesat melibatkan Kantor Kementerian Agama Kab. Tuban. Penyuluhan wawasan kebangsaan. Penyuluhan Narkoba melibatkan Polres Tuban. Penyuluhan pertanian, serta operasi katarak dan sunatan massal yang melibatkan salah satu rumah sakit swasta di Kab. Tuban.

Program TMMD yang saat ini sudah berjalan Pra TMMD dan dijadwalkan mulai 5 April sampai 4 Mei 2017. Yang dilakukan tidak hanya pembangunan infrastruktur saja, melainkan mental masyarakat juga sangat penting dilakukan pembinaan. “Keseimbangan fasilitas umum dan mental masyarakat harus sebanding lurus. Sehingga TMMD melakukan perbaikan keduanya,” imbuh Dandim.

Dengan kebersamaan lintas sektor dalam program ini akan menguatkan koordinasi antar lembaga. Selain itu kedekatan masyarakat dengan para pemangku pemerintahan juga sangat kuat. Sehingga dampak positifnya sangat baik untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Selain masyarakat, komunitas juga yang beda adalah keterlibatan lintas pendekar silat dalam TMMD. Kalau ditempat lain mungkin ada yang bersitegang, kalau Tuban justru mereka tidak hanya rukun, tapi juga bersama dengan kami untuk memberikan manfaat kepada masyarakat. Mungkin itu berbeda dengan yang ada di tempat lain,” tegasnya  (t)

Posting Komentar