PASURUAN  - Selamatan desa Petahunan kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan dilaksanakan Jumat 19/05 di Kantor Kelurahan Petahunan. Acara yang lebih dikenal warga setempat  dengan istilah  TEGAL DESO ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat Petahunan atas limpahan rejeki yang diberikan oleh ALLAH SWT.

Diseleggarakan setelah Sholat Jumat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat Petahunan dan Pegawai Kel. Petahunan.  Turut hadir pula Bhabinkamtibmas Kel. Petahunan Polsek Gadingrejo BRIGADIR YUDI KRISTIANTO untuk memeriahkan acara tersebut.

Seluruh masyarakat yang mewakili masing-masing RT masing-masing sebanyak 10 (sepuluh) orang dari total kesuluruhan 32 RT di wilayah Kel. Petahunan melaksanakan do'a bersama dalam acara Tegal Desa.  Acara yang di pimpin oleh para alim ulama Kel. Petahunan memohon keselamatan dunia akhirat. Diharapkan warga Perahunan selalu hidup rukun dalam bermasyarakat dan berkeluarga, serta diberikan rejeki yang lancar dan barokah.

Acara TEGAL DESO. yang rutin dilaksanakan oleh masyarakat Petahunan setiap Tahun tersebut diakhiri dengan makan bersama yang sudah disediakan oleh masing-masing RT.  Tiap satu RT membawa satu tumpeng.  Setelah terkumpul tumpeng-tumpeng tadi dibagi bersama dan makan bersama untuk dinikmati bersama oleh seluruh warga yang hadir.

"Nampak kerukunan dan keguyuban warga dalam acara makan bersam tersebut. Kaya miskin, berpangkat atau tak punya pangkat, makan dengan porsi dan menu yang sama,"  terang seorang sesepuh warga Kelurahan setempat.  Acara ini dimulai sejak lama, oleh para leluhur Kelurahan Petahunan, Kami diwajibkan untuk selalu hidup rukun berdampingan dan harus saling tolong menolong," lanjut Bapak tadi.  (tag)

Posting Komentar