PASURUAN - Bertempat di halaman Mapolsek Rejoso Minggu 28/05 Kanit Sabhara polsek Rejoso Bripka Migunani selaku pamong saka menjadi inspektur Upacara dalam apel pelantikan Saka Bhayangkara polsek Rejoso angkatan 20 tahun 2017. Apel yang diikuti oleh para Saka Bhayangkara dengan penuh seksama mendengarkan arahan dari pembina atau pamong Saka yaitu Bripka Migunani.

"Kalian bukan Pramuka biasa. Kalian merupakan Saka Bhayangkara. Pembina dan pelatihnya adalah polisi," tegas Migunani. Setelah arahan pamong Saka kemudian menyematkan simbol Saka B

hyangkara kepada para Saka Bhayangkara. Prosesi pelantikan nampak hidmat, penuh haru lantunan sumpah pramuka dasa dharma pramuka dikumandangkan. Lalu mencium ujung sang saka merah putih sebagai perwujudan ikrar saka bhayangkara kepada Bangsa dan Negara.

Tugas sebagai pamong Saka bagi Migunani sudah tak asing lagi. Pekerjaan sehari-harinya sebagai Polisi bersinggungan langsung dengan masyarakat. Dia biasa turun ke lapangan sembari mendengarkan unek-unek warga. Lewat Pramuka, dia juga bisa turun membantu di tengah-tengah masyarakat. Caranya, melatih anggota Saka Bhayangkara agar peka dengan lingkungan sekitar, berdisplin tinggi, memiliki kemampuan pada pertolongan pertama pada kecelakaan dan pengetahuan teantang tertib berlalu lintas.

Migunani memaparkan, keterampilan anggota Saka Bhayangkara tidak sekadar bermain tali temali, membangun tenda, mengetahui morse, atau membuat api unggun. Mereka juga memiliki keterampilan yang berguna bagi orang lain. Terutama dalam keadaan darurat. Misalnya, menolong korban kecelakaan dan lain-lain," ungkap Migunan. (tag)

Posting Komentar