KEDIRI - Sebagai upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Kediri, Pemerintah Kabupaten Kediri melalui  Dinas Perikanan menggelar  kegitan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) tahun 2017. Kegiatan tersebut dilaksanakan tanggal 10 me1 2017di Kampung Wisata Edukasi Lele desa Tales Kecamatan Ngadiluwih dan dihadiri langsung oleh ketua umum Forikan kabupaten Kediri yang sekaligus ketua tim penggerak PKK Kabupatem ibu Hj Rosyda Masykuri.

Gemarikan tahun 2017 ini diikuti oleh 130 anak dari perwakilan PUD yang ada di eks Korcam Ngadiluwih dan Grogol beserta Orang tua murid dan guru PAUD. Untuk anak-anak diadakan lomba mencocokkan jenis ikan tawar, sedangkan untuk wali muridnya diberi penyuluhan pentingnya konsumsi bahan pangan asal ikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri.

Hj. Rosyda Masykuri selaku ketua Forikan, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya konsumsi bahan pangan pangan dari ikan terutama bagi anak usia sekolah, kareena kandungan gizi dari ikan sangatlah berguna bagi perkembangan anak.

"Karena Kabupaten Kediri tidak punya laut, maka yang kita pacu adalah konsusmsi ikan tawar yang ada di Kabupaten Kediri yaitu antara lain ikan lele, gurami, patin, nila dan tombro dimana kandungan gizi dari ikan terutama protein dan omega 3  sangatllah bermnfaat bagi perkembangan syaraf otak, menambah daya ingat dan mengurànagi timbulnya depresi," paparnya


"Oleh karena itu saya mengapresiasi kegiatan ini, dimana peserta kegiatan adalah anak-anak usia dini dan didampingi oleh orangtuanya, sehingga dapat mengena langsung dalam usaha menanamkan pentingnya konsumsi ikan sejak dini agar terbiasa mengkonsumsi ikan yang pada akhirnya dihasilkan generasi penerus yang handal," tambahnya.

Di Kabupaten Kediri, tingkat konsumsi hasil ikan masih tergolong rendah yaitu sekitar 19 kg per kapita per tahun, dibanding konsumsi nasional sekitar 40 kg perkapita per tahun. Disisi lain produksi perikanan di Kabupaten Kediri potensinya bisa dibilang besar. Dari budidaya dihasilkan produksi sebesar 16 juta ton per tahun yang meliputi ikan lele, gurami, nila, patin dan tombro.

Tujuan digelarnya gemarikan ini menurut plt Kadis Perikanan Nurhafid adalah untuk meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten Kediri serta mendukung gerakan masyarakat hidup sehat disamping untuk membiasakan mulai sejak dini mengkonsumsi ikan.

"Gemarikan ini digelar setiap tahun menggunakan APBD Kabupaten Kediri dengan tujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat serta membiasakan makan ikan" jelas Nurhafid.

"Untuk gemarikan tahun ini  ada pembagian ikan segar, ini dilakukan agar orang tua memasaknya sesuai dengan selera anaknya mau digoreng atau dimasak lain terserah, prinsipnya ikan harus di maka,, dan kita berharap kegiatan ini bisa ditindaklanjuti dimasing-masing sekolah untuk membiasakan anak-anak mengkonsumsi ikan," tambah Nurhafid.  (har)


Hak Jawab / Hak Koreksi:
call / SMS / WhatsApps:
082233590005 / 081357848782
Email: tribunusantara@gmail.com

PASURUAN

[Pasuruan][fbig1][#e74c3c]

Nasional

[Nasional][fbig1][#e74c3c]
Diberdayakan oleh Blogger.