KEDIRI - Selamatan warga dusun Dorok Desa Manggis Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri dilaksanakaan siang pukul 13.30 WIB di perempatan jalan desa  dusun Dorok.  Acara yang dihadiri oleh seluruh warga dusun Dorok nampak khidmat, warga menggelar doa memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar desanya terhindar dari bencana termasuk amblesnya tanah pada sumur warga waktu lalu.

Selain warga dusun Dorok hadir juga kepala dusun Dorok  Nardiono Sumarjo.dan kepala desa setempat kades Manggis Mujiran.  Beberapa warga tanpa dikordinir langsung spontanitas saja mengumpulkan warga lain untuk mengeluarkan makanan dan lauk seadaanya untuk acara selamatan.  Makanan berupa nasi, lauk pauk, semua makanan dari warga, warga menamakan acara tersebut BARIK AN. Seperti kenduri, selain makanan nasi sert lauk pauk ada juga  ketan juruh, pisang, tumpeng. Nasi dan lauk (berkatan) dibawa pulang ke rumah masing-masing warga.

"Iya, mas ini Barikan warga atau Selamatan," kata Nardiono Kasun Dorok kepada tribunus-antara.com. Acara ini spontanitas warga, sebagaimana di desa-desa lain kalau mengadakan acara Barikan. Walaupun sederhana, Barikan ini kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar dijauhkan kita warga desa Manggis dusun Dorok khususnya agar terhindar dari segala musibah dan mara bahaya, lanjut kasun
Nardiono (har)

Posting Komentar