PASURUAN -  Seorang Bhabinkamtibmas dituntut untuk mampu memahami dan peduli di lingkungan desa binaannya. Tugas Bhabinkamtibmas harus ada saat dibutuhkan kapanpun dan dimanapun. Bhabinkamtibmas juga harus dekat dengan warganya.

Dekat dengan rakyat bukan pekerjaan yang mudah,Sosok Bhabinkamtibmas haruslah menjadi teladan dalam bersikap dan berbuat. Ia harus hadir sebagai miniatur Polri yang sesungguhnya The Real Policeman, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Tak hanya sekedar sambang desa, tatap muka dan berinteraksi langsung dengan masyarakat. Namun juga harus memiliki rasa kepedulian. Hal ini merupakan salah satu faktor penentu nilai sebuah kedekatan Polisi dengan masyarakat.

Bripka Wasito, seorang Bhabinkamtibmas jajaran Polresta Pasuruan menyadari bahwa kedekatan haruslah dibangun dari rasa Kepedulian. Di desa binaannya yakni Desa Susukan Rejo Kecamatan Pohjentrek. Bripka Wasito sudah bukan lagi menjadi orang asing. Maklum saja, hampir setiap hari bhabinkamtibmas ini selalu menyempatkan diri mengunjungi warga desa binaannya itu.

“Tadi kebetulan sambang desa, lalu kita lihat pak Sanali tengah istirahat di sela-sela waktunya panen buah semangka. Warga Susukan banyak sekali yang menanam buah Semangka. Selain tanahnya cocok untuk buah semangka, petani di sini terkenal ulet dalam hal membudi dayakan buah semangka," terang Wasito.

Petani saat panen semangka langsung sudah ada pembelinya dari Sidoarjo, mereka membeli 3000/ buah, lanjut Wasito. Dalam keseharian para petani semangka di Susukan mengolah lahannya ditanami semangka, semua mulai dari pendaan bibit, pupuk dan pengairan lahan pertanian tidak mengalami permasalahan alias lancar-lancar saja, demikian kata Wasito menirukan penuturan petani desa pada dirinya.    (tag)

Posting Komentar