PASURUAN - Tim Binmas Polsek Bugul Kidul Polresta Pasuruan melakukan Sosialisasi serta Penyuluhan kepada warga masyarakat kelurahan Bugul Kidul Jalan Pattimura RT.05/04 Kecamatan Bugul Kidul. Rabu Rombongan tim Binmas Polsek Bugul kidul terdiri dari bripka Nyoman Suyatno, Bipka Tarzan Aji, Brigadir Wahyu Suprayoga,SPi.

Tujuan kedatangan tim Binmas selain untuk bersilahturahmi dan Sosialisasi juga memberikan penghargaan kepada warga dengan memberikan bingkisan sebagai tanda terima kasih polisi terkait pengungkapan tindak pidan Curanmor beberapa waktu lalu di wilayah hukum Polsek Bugul kidul.

Acara kemudian dilanjutkan dengan mengupas sedikit ajaran Sunan kali Jaga yang merupakan salah satu wali songo yang terkenal. Sunan Kalijaga sangat bersifat toleran pada budaya lokal. Ia berpendapat bahwa masyarakat akan menjauh jika diserang pendiriannya. Maka masyarakat harus didekati secara bertahap demi tahap, prinsipnya mengikuti sambil mempengaruhi.

"Itulah salah satu taktik dakwah Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga berkeyakinan jika Islam sudah dipahami, dengan sendirinya kebiasaan lama akan hilang. Beliau selalu memperkenalkan agama secara luwes tanpa menghilangkan adat-istiadat/ kesenian daerah (adat lama yang ia beri warna Islami) yang telah ada sebelumnya. Beliau terkenal dengan dakwahnya yang ajarannya terkesan sinkretis dalam mengenalkan Islam. Ia menggunakan seni ukir, wayang, gamelan, serta seni suara suluk. Seni suara suluk karya Sunan Kali Jaga yang terkenal salah satunya adalah tembang lir-ilir," terang  Bripka Wahyu Suprayoga, SPi.

penulis  :  Dyna
editor   :  Tatag


Hak Jawab / Hak Koreksi:
call / SMS / WhatsApps:
082233590005 / 081357848782
Email: tribunusantara@gmail.com

PASURUAN

[Pasuruan][fbig1][#e74c3c]

Nasional

[Nasional][fbig1][#e74c3c]
Diberdayakan oleh Blogger.