TUBAN - Hama wereng merupakan hama yang sering menyerang tanaman padi petani. Penyebaran hama Wereng ini sangat meresahkan lantaran dapat menyebabkan gagal panen dan mengakibatkan kerugian yang besar.Bermacam cara dilakukan petani untuk mengatasi hama wereng ini namun sering kali tidak membuahkan hasil, karena sulitnya dalam penanganan hama wereng tersebut.

"Dari hasil pengecekan di lahan padi seluas 50 Ha di wilayah Desa Sendang, kami menemukan hama wereng coklat di beberapa tempat. Guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan kami berkoordinasi dengan Dinas Pertanian agar segera mengambil langkah untuk menanggulangi permasalahan ini," kataDanramil 0811/17 Senori melalui salah satu Babinsanya, Pelda Ahmad Mahmudi, Rabu (31/5/2017).

Dikatakannya, pihak Koramil 0811/17 Senori bersama Dinas Pertanian Kecamatan Senori, BP2KP, dan kelompok tani Desa Sendang bersama-sama berusaha mengantisipasi serangan hama wereng tersebut dengan melakukan penyemprotan menggunakan obat insektisida bantuan dari dinas pertanian.

"Pelaksanaan penyemprotan harus dilaksanakan secara serentak, agar hama ini tidak berpindah untuk berkembang biak ke sawah yang lain,penyemprotannyapun langsung kebagian batang sehingga akan efektif dan langsung mengenai sasaran dimana hama wereng tersebut bersarang, “ tandas Mahmudi.

Sementara Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Senori, Suyadi menyampaikan, hama wereng coklat mempunyai kecepatan berkembang biak yang sangat cepat. Menurutnya, langkah yang paling efektif yang harus dilakukan yaitu harus melakukan penyemprotan insektisida secara serentak dan menyeluruh di hamparan sawah yang ada diwilayah ini, agar hamanya mati dan tidak berkembang biak di sawah yang lainnya.

"Kami berharap dengan langkah yang dilakukan secara sinergis dilapangan baik oleh para petani, petugas dinas pertanian dan juga pendamping TNI oleh Koramil Senori ini diharapkan hama wereng coklat dapat segera teratasi, sehingga para petani dapat mendapatkan hasil panen padinya sesuai dengan yang diharapkan," tandasnya.

Ia berharap, pada musim tanam tahun 2017 ini diharapkan memenuhi kuota yang ditentukan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban.

“Maka dari itu, dengan diadakannya pembasmian dan pengendalian hama wereng terpadu ini bisa meminimalisir serangan hama yang merugikan petani,” pungkasnya.

Posting Komentar