KEDIRI - UPTD Puskesmas mengadakan  Evaluasi Mini Loka Karya Lintas Sektor dilaksankan di Kantor Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Acara diikuti oleh Kades se Kecamatan Badas dan dari instansi UPTD pendidikan, Pertanian dan Kesehatan, Ketua PKK, dan Camat  Badas Sumarlan, Ka Kwaran, Koramil Pare Serka Hasanudin Eta.

Dalam kegiatan MINILOKAKARYA oleh UPTD Puskesmas  Badas memberikan beberapa evaluasi dan program kerja kedepan yang akan dibahas dan  dilaksanakan di Desa se kecamatan Badas.  Adapun materi yang disampaikan oleh Puskesmas Badas dr. Henny  dan dari Promkes Ahmad Fauzi,  memberikan penyuluhan pentingnya menerapkan hidup sehat dilingkungan.

Ahmad Fauzi pada acara tersebut menyampaikan beberapa hal diataranya adalah membahas evaluasi kinerja Puskesmas Badas tahun 2016, termasuk hambatan-hambatan yang muncul sebagai bahan untuk persiapan pelaksanaan program kerja kesehatan tahun 2017.

Salah satu hambatan adalah kurang efektifnya komunikasi antar lintas sektor Puskesmas  Kec Badas dengan pihak Desa, sehingga kegiatan kesehatan tidak bisa berjalan dengan maksimal, untuk meningkatkan pelaksanaan program , Puskesmas Badas memfasilitasi dengan cara melakukan survey mawas diri tentang kebutuhan dan harapan  masyarakat desa se kecamatan Badas terhadap program pelayanan kesehatan dan bekerjasama dengan kader posyandu  di seluruh desa di Kecamatan Badas seperti konfirmasi pemberitahuan lewat Via SMS yang sudah dilakukan sejak bulan pebruari 2017.

Menurut Ahmad Fauzi, Hasil SMD dianalisa dan disampaikan  di acara musyawarah desa se Kecamatan Badas pada bulan April -Mey 2017,  MMD dilakukan per desa, dari MMD munculah masalah- masalah kesehatan, termasuk harapan masyarakat terhadap kesehatannya dan masalah tersebut akan bisa diselesaikan secara bertahap dengan cara OPTIMALISASI DESA SIAGA
.
"Tujuan Desa Siaga adalah supaya masyarakat desa PEDULI,TANGGAP dan MAMPU  mengatasi masalah kesehatannya secara mandiri dengan cara peningkatan pemberdayaan masyarakat desa,DARI masyarakat,OLEH  masyarakat UNTUK masyarakat," terang Ahmad Fauzi.

Puskesmas sebagai fasilitator pelaksanaannya, advokator kebijakanya,  dengan tetap memanfaatkan SDM yang ada di masyarakat, dan untuk semakin meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan program kesehatan di kecamatan Badas, telah disepakati pembentukan Peduli Kesehatan Kecamatan Badas yang beranggotakan Lintas Sektor di Kecamatan Badas.  (har)


Hak Jawab / Hak Koreksi:
call / SMS / WhatsApps:
082233590005 / 081357848782
Email: tribunusantara@gmail.com

PASURUAN

[Pasuruan][fbig1][#e74c3c]

Nasional

[Nasional][fbig1][#e74c3c]
Diberdayakan oleh Blogger.