JOMBANG - Menjelang ramadhan warga mulai mempersiapkan diri untuk menyambut datangnya bulan suci tersebut. Salah satunya adalah  Nyekar' atau  berziarah ke makam leluhur. Kebiasaan dalam masyarakat menjelang puasa di Jombang agak resah dikarena kembang (bunga) di pasar Citra Niaga (pasar legi) kabupaten Jombang mulai menaikkan harga hingga mencapai 200 persn darii harga biasanya.

"Gak hanya sembako yang harganya naik mas, kembang juga ikut naik" ujar Yuli pembeli bunga asal Desa Sentul, kabupaten Jombang  Jumat 19/05 yang  merasa sedikit kaget dengan melonjaknya harga pasaran kembang di Jombang.

Sumiarti pedagang bunga asal Desa Dapur Kali Kejambon menjelaskan, Kenaikan harga kembang (Bunga) mencapai 3 kali lipat dibanding hari biasa. Kenaikan itu menurutnya terjadi sejak hari minggu 14 Mei yang lalu. Kenaikan cukup signifikan terjadi pada bunga mawar yang pada hari biasa berkisar pada harga 30 ribu di waktu malam jumat legi menjadi 75 ribu rupiah,  Dan mendekati 'megengan', lanjut Sunmiarti naik lagi menjadi 125 ribu perkilonya.

Menurutnya kenaikan harga itu akibat melonjaknya orang yang berziarah atau nyekar pada waktu megengan namun pasokan kembang menipis. "Harga kembang mawar dari petani di sawahan Sedudo Nganjuk menjelang megengan naik menjadi 125 ribu mas, dari sebelumnya hanya 30 ribu rupiah sekilonya, karena kembangnya sulit dicari". ujar Sumiarti.

Selain mawar, bunga lokal juga mengalami kenaikan, seperti bunga kenanga  , bunga melati, dan bunga pacar banyu, sebelumnya rata-rata pada kisaran 20-25 ribu menjadi 35 ribu perkilo. Meski demikian, keuntungan yang didapat olehnya tidak lah banyak, namun sumiarti enggan mengatakan berapa keuntungan yang didapat, disinggung tentang pekerjaan lain Sumiarti juga enggan berpaling kepekerjaan lainnya.

"Sudah 8 tahun kerja gini mas, sudah jadi pekerjaan turun temurun dari nenek  saya, " pungkasnya.(siin)


Hak Jawab / Hak Koreksi:
call / SMS / WhatsApps:
082233590005 / 081357848782
Email: tribunusantara@gmail.com

PASURUAN

[Pasuruan][fbig1][#e74c3c]

Nasional

[Nasional][fbig1][#e74c3c]
Diberdayakan oleh Blogger.